BKKBN Fokus Pendidikan Pranikah Bagi Calon Pengantin di Aceh

BKKBN Aceh(Acehportal.com)

Banda Aceh - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga B‎erencana Nasional (BKKBN) perwakilan Aceh, Sahidal Kastri menyatakan, pihaknya akan segera meluncurkan program pembinaan untuk calon pengantin di tahun 2018 sebagai upaya menekan tingginya angka perceraian di Provinsi itu.

Hal itu disampaikan Sahidal Kastri pada kegiatan silaturrahmi dengan para awak media di salah satu warung kopi di Banda Aceh, Selasa (14/11/2017). Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Bidang Advokasi, Pengerakan, dan Informasi (ADPIN) Faridah, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) Irma Dimyati, dan sejumlah pengawai di BKKBN Aceh.

“Kondisi ketahanan keluarga di Aceh saat ini belum menunjukkan perbaikan jika dilihat dari masih tingginya angka perceraian di tahun ini. Oleh karena itu, program pra-nikah ini menjadi program prioritas BKKBN kedepan,”ungkapnya.

Meskipun sebelumnya program pra-nikah ini sudah ada, tapi kata dia, program tersebut masih kurang berjalan maksimal. Maka di 2018 program itu akan dioptimalkan untuk mengurangi angka penceraian di Provinsi paling ujung barat Indonesia tersebut.

Menurut dia, pendidikan pra-nikah bagi calon pengantin sangat penting, salah satunya untuk menekan angka perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang selama ini terus meningkat. “Setiap orang yang mengikuti program itu nantinya akan diberikan kesiapan mental dan wawasan kepada calon pengantin di KUA,”terangnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan, proses kursus calon pengantin sendiri nantinya, akan bekerjasama dengan Kementerian Agama di masing-masing Kabupaten kota di Aceh, setiap calon pengantin diharuskan ikut pelatihan pra-nikah. “Nantinya pihak Kemenag akan memerintahkan KUA, Setiap pasangan calon pengantin yang ingin menikah terlebih dulu ikut program pra-nikah,”paparnya.

Penulis:Teuku Dedi
Rubrik:Kota

Komentar

Loading...