Sekawanan Ikan Paus Terdampar Dikawasan Ujung Kareng Aceh Besar

kawanan paus terdampar di pantai Aceh Besar

Aceh Besar, acehportal.com - Sekawanan ikan paus terdampar dikawasan pantai Ujung Kareng, Kecamatan Masjid Raya Aceh Besa, Senin (13/11).  Keberadaan kawanan paus terdampar tersebut menarik perhatian warga. Ratusan warga menyaksikan kawanan ikan mamalia raksasa itu

Menurut keterangan salah satu anggota Koramil Masjid Raya, Kopda Ricky, pertama kali melihat ikan paus itu sekira pukul 10.00 WIB. Namun pihaknya tidak mengetahui mengapa paus tersebut terdampar di sekitar pantai.

"Saat itu, kawanan paus berada sekitar satu mil dari pantai. Kawanan paus terlihat bergerak hingga terdampar di sekitar belasan meter dari bibir pantai," katanya.

Dari amatannya, dua dari 10 paus yang terdampar tersebut mengalami sakit. Ditemukan luka di bagian mulutnya. 'Kawanan paus itu, kata dia segera dievakuasi ke tengah laut. Evakuasi rencananya menggunakan kapal," katanya.

Semenyata Kepala Bidang Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Dinas Kelatan Perikanan (DKP) Aceh, Teuku Nurmadi mengatakan, melihat jenisnya, ikan mamalia raksasa itu adalah paus jenis sperma.

"Paus hidupnya bergerombolan, ketika ada dari anggota kawanan yang menuju ke pantai yang lain juga mengikutinya, sehingga terdampar," ujarnya

Ia juga menyebutkan paus terdampar di Aceh jarang terjadi. Kemungkinan kawanan paus tersebut terdampar karena dalam perjalanan migrasi.  "Kami tidak tahu dari mana asal kawanan paus itu. Begitu juga penyebab luka yang dialami dua paus tersebut, belum diketahui penyebabnya," ungkapnya.

Penulis:suhendra
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...