Diduga Seorang Petani Aceh Jaya Hilang Saat Mencari Buah Jernang

Foto: Tim gabungan yang apel sebelum melakukan pencarian. [Ist]

Calang  - Seorang petani bernama Samsul Bahri (23), yang merupakan warga Gampong Kubu, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya. Samsul ‎diketahui menghilang dari gampong sejak Rabu (8/11/2017) kemarin dan hingga kini belum ditemukan. Diduga, korban hilang karena tersesat di hutan saat mencari buah jernang di perbatasan Gampong Kubu dengan Gampong Alue Meuraksa, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya, Ismail mengatakan, ‎diduga korban hilang karena tersesat di hutan saat mencari buah jernang di perbatasan Gampong Kubu dengan Gampong Alue Meuraksa, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya.

"Karena pekerjaan sehari-hari korban sebagai petani dan mencari buah jernang ke hutan adat, yang lokasinya ada diantara Gampong Kubu dengan Gampong Alue Meuraksa Kecamatan Teunom, Aceh Jaya," ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (11/11/2017).

Dijelaskannya, saat ini tim BPBK Aceh Jaya bersama satuan petugas (Satgas) SAR dan RAPI Aceh Jaya serta warga setempat, masih melakukan pencarian. Tim gabungan ini dibagikan atas dua regu, yang saat ini sedang melakukan pencarian di area pegunungan dan perkebunan masyarakat.

"‎Hingga saat ini pencarian terus dilakukan. Menurut laporan yang kita terima tadi, belum ada tanda-tanda ditemukannya korban. Selain BPBK Aceh Jaya, pencarian melibatkan Basarnas Pos Meulaboh, Tagana, Koramil dan Polsek serta pihak muspika kecamatan dan masyarakat," jelas Ismail.

Selain bertani dan mencari buah jernang ke hutan, informasi yang diterima korban juga berprofesi sebagai tukang bangunan. ‎Samsul termasuk orang yang pendiam alias tidak banyak bicara dalam sehari-harinya. Bahkan, korban juga diketahui sering tidak menggunakan alas kaki, baik di gampong atau pun sedang ke gunung.

"‎Yang bersangkutan juga tidak pernah menggunakan telepon seluler. Pencarian difokuskan di seputaran Pucok Pangan, Kecamatan Panga dengan Seumira, Kecamatan Teunom, serta area perkebunan dan semak-semak di seputaran gampong. Ada dua tim yang bergerak," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Peristiwa

Komentar

Loading...