Warga Serahkan Sepucuk Pistol Revolver Sisa Konflik di Bireuen

Foto: Istimewa

Banda Aceh, (Acehportal.com) - Sepucuk senjata api aktif jenis Revolver S&W beserta tiga butir amunisi yang diduga sisa konflik diserahkan seorang warga bernama Saleh (40), di Gampong Paku, Kecamatan Pandrah, Bireuen, Jumat (10/11/2017) sore tadi, sekira pukul 15.00 WIB.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak melalui Kabid Humas, Kombes Pol Goenawan mengatakan, senjata api tersebut diserahkan dan diterima langsung kepada Kapolres Bireuen, AKBP Riza Yulianto.

"Senpi beserta amunisinya diserahkan berdasarkan informasi dari masyarakat yang diterima langsung Kapolres via telepon selulernya Selasa (7/11/2017) kemarin, bahwa ada seorang warga yang masih menyimpan senjata api," ujarnya saat dikonfirmasi.

Atas informasi tersebut, Kapolres langsung memerintahkan anggotanya untuk melakukan penyelidikan terhadap kebenaran informasi tersebut. ‎Dari hasil penyelidikan, ditemukan bahwa informasi tersebut benar, sehingga AKBP Riza Yulianto langsung mengagendakan penyerahan senpi beserta amunisinya tersebut.

"‎Atas penjelasan dan sosialisasi yang dilakukan Kapolres beserta anggotanya, akhirnya warga tersebut mau menyerahkan senpi sisa konflik tersebut kepada pihak kepolisian. Penyerahan langsung dilakukan di kawasan gampong setempat dan diterima langsung Kapolres Bireuen," jelas Kabid Humas.

Terkait masih adanya sejumlah senjata api sisa konflik, Polda Aceh juga mengimbau seluruh masyarakat untuk dapat bekerjasama dengan menginformasikan atau menyerahkan langsung senpi tersebut kepada pihak kepolisian agar dapat diamankan.

"Para pelapor atau yang menyerahkan dijamin tidak akan diberikan sanksi hukum, jadi masyarakat tidak perlu takut. Malah akan diberikan penghargaan karena telah bekerjasama membantu kepolisian dalam hal menjaga kamtibmas," tambah Kombes Pol Goenawan.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...