Ayo Ikut Jambore Nasional Bebas Sampah di Hutan Kota Tibang

Jambore nasional bebas sampah 2020

Banda Aceh, acehportal.com - Sebanyak 700 peserta akan menghadiri Jambore Nasional #BebasSampah2020 yang digelar di Hutan Kota Tibang, Banda Aceh, mulai Jumat-Senin (10-12 November 2017).

“Peserta yang sudah mendaftar sebanyak 700 orang, tapi yang baru hadir hingga hari ini 200 peserta,” kata Koordinator Nasional Jambore Nasional Bebas Sampah 2020, Latansa Fashola Yahya, dalam konferensi pers di sebuah warung kopi di Banda Aceh, Kamis (09/11/2017).

Kegiatan itu, katanya, merupakan momentum strategis berkumpulnya seluruh pegiat yang peduli terhadap persoalan persampahan di Indonesia, serta demi terwujudnya kekuatan bersama untuk menciptakan berbagai solusi pengelolaan sampah berkelanjutan.

Ia menyebutkan, Jambore Nasional Bebas Sampah 2020 digelar di Banda Aceh ini merupakan pelaksanaan kedua,  setelah tahun lalu di gelar di Solo, Jawa Tengah, dengan menghadirkan 234 peserta dari 22 Provinsi.

“Pada pelaksanaan perdana telah menghasilkan deklarasi bebas sampah nasional 2020, serta 13 isu persampahan nasional,” ujar Sasa panggilan akrabnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal Jambore Nasional Bebas Sampah, Gemal Bakri mengatakan, dilaksanakannya acara Jambore Nasional tersebut di Banda Aceh, sangat membantu. Karena lebih banyak terlibat orang-orang di Aceh yang jadi pesertanya dibandingkan diadakan di Provinsi lain.

“Jadi proses pengajuan dari jambore ini kita nyuri start dengan provinsi lain yang sudah siap lebih dulu,” ujarnya.

Jadinya tuan rumah kota Banda Aceh Jambore Nasional Bebas Sampah 2020 ini, juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kota setempat. Apalagi, sebelum ini pihaknya  aktif terlibat dalam penanggulangan sampah di Ibukota Provinsi Aceh itu.

Untuk itu, diharapkan masyarakat Aceh bisa memanfaatkan momentum penting ini, supaya bisa belajar dalam hal pengelolaan sampah nantinya.

Penulis:Redaksi
Rubrik:Kota

Komentar

Loading...