Ini Efeknya Bagi Tubuh Bila Sering Minum Obat Mag

Sering minum obat mag akan menyebabkan risiko sakit ginjal/Foto: Thinkstock.(detik.com)

Jakarta- Bagi Anda yang punya penyakit asam lambung, pasti terbayang betapa sengsaranya jika mag kumat sehingga Anda kerap minum obat mag untuk meredakannya. Namun terlalu sering minum obat mag bisa memberi efek buruk bagi kesehatan, terutama bagi ginjal.

Sebuah penelitian baru-baru ini telah mengklaim bahwa sering mengonsumsi obat mag proton pump inhibitor atau disingkat PPI seperti seperti pantoprazole atau rabeprazole untuk mengurangi produksi asam lambung, berpotensi meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal.

Untuk menyelidiki asosiasi tersebut, periset yang dipimpin oleh Charat Thongprayoon dari Bassett Medical Center di New York, AS melakukan meta-analisis terhadap lima penelitian dengan 536.902 peserta. Hasilnya menunjukkan bahwa individu yang menggunakan proton pump inhibitor (PPI) memiliki 33 persen peningkatan risiko penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal bila dibandingkan dengan non-pengguna.

"Studi ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara penggunaan PPI dan peningkatan risiko penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal," kata Thongprayoon, seperti dikutip dari Indian Express.

"Meskipun tidak ada hubungan kausal yang telah terbukti, penyedia layanan harus mempertimbangkan apakah terapi PPI diindikasikan untuk pasien," tambah Thongprayoon.

Temuan analisis tersebut akan dipresentasikan di ASN Kidney Week 2017 di New Orleans. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Gut, pengguna PPI ditemukan dua kali berisiko terkena kanker perut.

Demikian pula, studi yang dipimpin oleh para periset dari Universitas Hong Kong mengungkapkan bahwa pemakaian sehari-hari PPI dikaitkan dengan empat kali lipat lebih berisiko kanker perut dibandingkan dengan penggunaan mingguan.

"Respons dosis yang jelas dalam penggunaan PPI dan risiko kanker perut, menunjukkan bahwa dokter harus berhati-hati saat meresepkan PPI jangka panjang", ujar para peneliti.

Komentar

Loading...