Rindam IM Gelar UST Tingkat Kompi Yonzipur 16/DA

Aceh Besar, acehportal.com – Resimen Induk Kodam Iskandar Muda (Rindam IM) menyelenggarakan Uji Siap Tempur ( UST ) tingkat Kompi Yonzipur 16/DA. Latihan yang diikuti satu Kompi (122 prajurit) tersebut dilaksanakan di daerah latihan Jantho kompleks kabupaten Aceh Besar selama empat hari, mulai 20 sampai dengan 23 September 2017.

Adapun selaku pimpinan Umum Latihan Mayjen TNI M. Fachrudin, S. Sos. Tim Evaluasi Kolonel Inf Bambang Sujarwo, Komandan Latihan Kolonel Inf, Niko Fahrizal M.Tr.(Han), Wadanlat Kolonel Inf Bram Abilowo dan Kawasdal Mayor Czi Ryan Yustian.
Danrindam IM Kolonel Inf Niko Fahrizal M.Tr.(Han), Jumat (22/9/17) saat meninjau latihan mengatakan, bahwa latihan UST Kompi ini merupakan proses rangkaian kegiatan yang dimulai dari latihan-latihan sebelumnya, baik tingkat perorangan maupun satuan sesuai siklus latihan.

“Oleh karenanya penyelenggaraan UST dilaksanakan untuk melihat hasil yang telah dicapai dalam latihan sebelumnya, sekaligus untuk mengukur tingkat kesiapan tempur kompi dalam suatu operasi. Mutu kesiapan tempur suatu satuan sangat ditentukan oleh kemampuan dan kesiapan personel untuk melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi dan jabatanya,” kata Danrindam IM selaku Komandan latihan (Danlat).

Masih Danrindam, bahwa untuk meningkatkan kemampuan dan mengukur profesionalisme prajurit disatuan tingkat kompi Batalyon Zipur 16/DA, maka Rindam menyelenggarakan uji siap tempur (UST) tingkat kompi Yonzipur 16/DA dengan sasaran agar mampu melaksanakan tugas tempur baik taktik maupun teknik dilapangan.
“Selain itu mampu melaksanakan tugas perorangan sesuai jabatan masing-masing, dengan tujuan menguji kemampuan, efektifitas satuan tingkat kompi dalam melaksanakan kodal, taktik dan teknik, dalam rangka menghadapi situasi operasi di medan yang mendekati sebenarnarnya,” ucapnya.

Ia menjelaskan, dalam materi UST Kompi Batalyon Zipur 16/DA ini ada dua yaitu, Bantuan tempur Zipur (Banzipur) dalam (Banzipur) pertahanan.

Banpurzi dalam pertahanan, diantaranya prosedur pemberian perintah (P3) Komandan Kompi, penyelenggaraan administrasi Kompi, melaksanakan perkuatan medan, pembuatan rintangan, pembuatan lapangan ranjau, pembuatan samaran dan pembuatan perbekalan air.

“Sedangkan Banpurzi dalam serangan, P3 Komandan Kompi, melaksanakan penyelidikian Zeni Lidikzi, penyebrangan sungai, melsksanakan pembersihan rintangan, melaksanakan penerobosan lapangan ranjau dan penghancuran kubu-kubu perkuatan medan musuh,” Ujar Danrindam Iskandar muda Kolonel Inf Niko fahrizal.

Diinformasikan, penyelenggaraan UST tingkat Kompi Batalyon Zipur 16/DA ini sesuai dengan Direktif dari satuan atas dengan perencanaan dan persiapan yang matang, untuk mencapai target latihan yang diharapkan oleh satuan atas.

Komentar

Loading...