Sudah 15 Orang Jamaah Haji Aceh Wafat di Mekkah

Ibadah Haji di Mekkah (Int)

Banda Aceh, acehportal.com - Informasi wafatnya jamaah yang tergabung dalam kloter 11 Embarkasi Aceh disampaikan oleh Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Aceh, H Rusli Lc MSi di Banda Aceh, Kamis (14/09/2017).

"Berdasarkan informasi dari petugas, almarhum wafat tadi pagi pukul 08.33 Waktu Arab Saudi (WAS), di Klinik Sektor X Makkah, Alkeswah Towers Hotel 5 dan dimakamkan di Sharaya," jelas Rusli.

Almarhum memiliki riwayat cardiovascular disease atau gangguan pada jantung dan pembuluh darah.

Kronologis wafatnya Rusli Ahmad Usman, sekira pukul 07.45 - 08.00 WAS jamaah masih makan bersama istri kemudian mengeluh pusing dan hoyong, karena kondisi demikian, istri membawa suaminya ke posko kesehatan kloter.

Saat berada di depan posko, jamaah tiba-tiba terjatuh dan pingsan, kemudian petugas TKHI melakukan pemeriksaan on site dan ditemukan nadi dan nafas melemah, petugas melakukan penanganan gawat darurat serta Resusitasi jantung paru (RJP) untuk mengembalikan fungsi nafas yang berhenti atau memulihkan kembali fungsi jantung dan paru ke keadaan normal, kemudian langsung di evakuasi ke klinik sektor x mekkah.

Pukul 08.33 WAS almarhum tidak ditemukan nadi karotis, nafas tidak ada, EKG Flat, dan pasien dinyatakan wafat, sebut Rusli.

Hingga kabar ini diturunkan, tercatat 15 jamaah haji Aceh telah wafat di Arab Saudi.

Sehari sebelumnya, seorang jamaah haji asal Aceh juga meninggal dunia di Arab Saudi, almarhum bernama Muhammad bin Harun Hanafi yang beralamat di Jalan Peutua Bayan Nomor 277 Gampong Matang Seulimeng Kec Langsa Kota, Almarhum Muhammad bin Harun Hanafi merupakan jamaah asal Aceh ke 14 yang meninggal dunia di Tanah Suci.

Komentar

Loading...