DPRK Desak Mall Meulaboh Segera Dioptimalkan

Meulaboh - Pasar Mall Meulaboh yang sangat berkontribusi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Aceh Barat dinilai tidak serius dalam pengololaan aset daerah tersebut.

Pernyataan itu disampaikan oleh ketua Komisi D Dewan Perwakilan Daerah Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Teungku Bantalidan, Rabu (30/8/17).

Ia meminta pihak eksekutif lebih serius dalam mengelola pasar Mall Meulaboh sehingga aset daerah dapat meningkatkan PAD kabupaten Aceh Barat.

"Padahal Kami di DPRK telah berulang kali menyampaikan, baik dalam sidang pembahasan maupun dalam pandangan fraksi menyoroti agar pengelolaan Mall Meulaboh itu benar-benar dilakukan sehingga termanfaatkan secara optimal," ujar Banta

Selain Itu, kata Dia, pada tahun 2016 Pemkab telah menyepakati anggaran untuk melakukan rehab kontruksi bangunan mall bertingkat tersebut karena sudah terlihat tidak terawat sehingga menjadi pemicu tidak ada pengusaha yang berminat menempatinya.

Akan tetapi upaya tersebut tidak begitu berdampak, hanya bagian depan pasar Mall Meulaboh yang sudah disewa oleh pengusaha perbankan yang membuka kantor kas, sementara kios-kios di bagian dalam dan di lantai atas masih tidak berpenghuni.

Ia menuturkan, Mall Meulaboh tersebut harusnya berkontribusi untuk daerah setelah siap bangun beberapa tahun lalu, saat proses pembangunan tersebut Pemkab Aceh Barat bahkan harus berhutang pada pihak perbankan.

"Sebenarnya itu sudah ada pihak ketiga yang mengelolanya, bukan lagi langsung pemda. Nah, ini yang membuat kami semakin bertanya-tanya, sebenarnya kekurangan apalagi mal itu sehingga pedagang lokal saja tidak mau menempatinya,"tegas Bantalidan.

Lebih lanjut dikatakan, Pemkab Aceh Barat akan selalu siap memfasilitasi apabila ada kendala dalam proses pendanaan, misalkan untuk rehab agar kontruksi bangunan lebih menarik dan lebar, namun pihak pengelola harus transparan terhadap itu.

Keberadaan Mall Meulaboh tersebut sangat strategis karena dibangun di tengah-tengah wilayah Kota Meulaboh, perencanaan awalnya juga ditargetkan pembangunan mall bertingkat itu menjadi pasar induk di wilayah kota.

Penulis:putra
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...