Kodim Aceh Utara dan Bulog Terus Tingkatkan Sergab

Aceh Utara, acehportal.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 0103/Aceh Utara dan Badan Urusan Logistik (Bulog) Kota Lhokseumawe terus meningkatkan Serapan Gabah (Sergab) dari petani di wilayah Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

Kegiatan Sergab kali ini, Rabu (30/08) dilaksanakan di desa Daya Seping Kecamatan Geureudong Pasee Kabupaten Aceh Utara dan gabah yang berhasil terserap dari petani sebanyak 8,3 ton.

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto melalui Danramil 27/GRP Kapten Inf Misdiono mengatakan saat ini kendala utama penyerapan gabah dari petani adalah adanya tengkulak yang melakukan pembelian lebih tinggi dari pada harga pembelian yang dilakukan oleh Bulog.

Guna meningkatkan serapan gabah ini diperlukan pendekatan khusus kepada para petani sejak masa tanam dimulai. “Upaya meyakinkan petani untuk menjual gabahnya ke Bulog memang diperlukan pendekatan khusus. Karena memang saat ini harga yang masih di bawah standar masih jadi kendala dalam penyerapan gabah dari petani,” tuturnya.

Sementara Pasiter Lettu Inf Setio Priambodo mengatakan Harga standar sesuai Inpres Nomor 5/2015 ini harga Gabah Kering Petani (GKP) hanya Rp3.700/kg dan harga gabah kering giling (GKG) hanya Rp4.650/kg. Sedangkan harga beras Rp7.300/kg.

“ Karena itu, perlu ada pendampingan secara intensif terhadap petani. Tujuannya agar petani bisa dan mau menjual gabah ke pihak Bulog. Kami pun sudah berupaya dengan melakukan monitoring terkait progres penyerapan gabah ini ke tiap daerah,” katanya.

Ia juga mengatakan dibutuhkan senergitas kerjasama yang saling menguntungkan antara masyarakat petani, Bulog, pelaku bisnis, para penggilingan padi, upaya itu semua demi kepentingan ketahanan pangan nasional demi negara sehingga kita tidak harus mengimpor lagi dari luar.

Hadir dalam kegiatan Sergab diantaranya Kasi Pengadaan dan Pelayanan Publik Bulog Zulkifli, Meneger UPGP Bulog Akrabuddin, Para Babinsa dan Mantri Tani Kecamatan Beureudong Pasee.

Komentar

Loading...