Dandim 0101/BS: Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme di Dalam Diri Kita Sebagai Penerus Bangsa

Aceh Besar, acehportal.com – Sebanyak 60 orang Mahasiswa dan Mahasiswi baru Kampus Istitut Seni Budaya Indonedia (ISBI) Aceh menerima pembekalan/materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan tema “Wawasan Kebangsaan dalam Belanegara dan Sistem Pertahanan Negara “, yang diberikan langsung oleh Komandan kodim 0101/BS Letnan Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, S.IP.

Pemberian materi tersebut dalam rangka program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), yang di selenggarakan oleh ISBI Aceh, bertempat di Jalan Teungku Tanoh Abee Gampong Jantho Makmur Kecamatan Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar, Rabu (30/08/17).

Dihadapan para Mahasiswa dan Mahasiswi baru, Dandim 0101/BS Letkol Inf Iwan Rosandriyanto, S.IP menjelaskan, bahwa Mahasiswa dan Mahasiswi baru ini, merupakan generasi muda sebagai penerus bangsa, sehingga harus mengetahui dan memehami terhadap sejarah lahirnya Bangsa Indonesia dan nilai-nilai dalam 4 Pilar Bangsa Indonesia.

“Sebagai Generasi Muda penerus bangsa, Kita wajib tahu dan paham terhadap sejarah lahirnya Bangsa Indonesia, supaya dapat menumbuhkan jiwa Nasionalisme di dalam diri kita khususnya para Pemuda Indonesia,” ucap Letkol Inf Iwan.

Dandim juga menambahkan, dalam nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila, terdapat di dalam ajaran agama Islam seperti musyawarah, rasa persatuan, keadilan, ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta rasa kemanusiaan yang tinggi sehingga Pancasila merupakan rahmatan lil ‘alamin.

“Nilai yang terkandung di dalam Pancasila ini, juga terdapat dalam ajaran Islam, sehingga Pancasila merupakan rahmatan lil ‘alamin,” imbuh Dandim.

Melalui kegiatan ini, Dandim mengharapkan, dapat menanamkan kecintaannya terhadap NKRI, agar terhindar dari faham Radikalisme yang sangat bertentangan dengan Ideologi Pancasila yang merupakan panutan Bangsa Indonesia.

“Agar kita terhindar dari faham Radikalisme yang bertentangan dengan Ideologi Pancasila, maka kita perlu menanamkan rasa cinta kita terhadap NKRI,” Pungkas Dandim.

Komentar

Loading...