50 Ha Hutan Pinus di Tangse Pidie Terbakar

acehportal.comHutan Pinus terbakar

Banda Aceh – Kebakaran hutan pinus yang terjadi dikawasan Gampong Beungga, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie telah menghaguskan seluas 50 hektar hutan dikawasan tersebut.

Kebakaran yang terjadi pada Jumat (25/8/17), sekitar pukul 17.00 wib hingga 22.00 Wib itu telah menghanguskan seluas 50 hektare hutan pinus yang berada di kawasan Gampong Beugga.

Menurut Informasi, kebakaran hutan pinus diduga disebabkan pembakaran lahan baru oleh masyarakat. Mereka membakar hutan tanpa mengontrolnya, sehingga merambah ke hutan pinus.

Pantauan dilokasi, sejak semalam puluhan masyarakat di kawasan Kampong  Beungga melakukan pemadaman api, mereka berupaya menghalau api agar tidak menjalar ke perkebunan mereka yang berada dilereng gunung Sala, Gampong Krueng Sikeuk, Tangse, Pidie.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie Apriadi, kepada wartawan Sabtu (26/8) mengatakan, pagi ini tim gabungan yang terdiri dari BPBD Pidie, TNI, Polri dan masyarakat kembali turun kelokasi untuk membersihkan puing-puing api yang masih menyala, meski secara keseluruhan api sudah bisa dipadamkan.

"Api sudah padam hanya saja masih ada sisa-sisa bara yang masih mengeluarkan asap,"ujar Apriadi.

Ia menjelaskan, sedikitnya ada 150 personil sudah berada dilokasi kebakaran dan berupaya untuk memadamkan sisa bara api. Mereka hanya menggunakan ranting dan dedaunan guna meredakan gempukan asap dari pohon pinus yang terbakar.

Ia menyatakan, BPBD yang merencanakan akan mendatangkan bom air menggunakan heli terpaksa dibatalkan. karena konsidisi api dilapangan sudah bisa dipadamkan. ”Sebelumnya hasil koordinasi hari ini BNPB akan melakukan pemadaman dari atas,"jelasnya.

Penulis:Rajudin
Rubrik:Peristiwa

Komentar

Loading...