Serka Amiruddin Kenalkan Pancasila Pada Anak Usia Dini

Lhokseumawe, acehportal.com – Nilai Pancasila sangat tepat bila ditanamkan pada anak sejak masih usia dini. Hal ini dimaksudkan agar setelah mereka dewasa, mereka akan terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Hal tersebut disampaikan oleh Serka Amiruddin, Babinsa Koramil 16/Banda Sakti Jajaran Kodim 0103/Aceh Utara di sela sela kegiatan memberikan materi pengenalan Pancasila kepada siswa siswi kelas 3 SD Negeri 12 Lhokseumawe desa Moun Geudong Kecamatan Banda Sakti Kota a lhokseumawe. Jum'at (25/08)

Dalam mengenalkan nilai nilai Pancasila, Serka Amiruddin dilakukan dengan permainan, lagu, rekreasi serta cara-cara lain yang menyenangkan bagi anak dihalaman sekolah tersebut.

Ia juga menjelaskan pemahaman tentang Pancasila mulai dari sila pertama hingga sila kelima dan juga dijelaskan secara singkat butir-butir tiap sila sekaligus penjelasan secara luas dalam setiap itemnya.

“Jadi adik-adik harus menghargai dan menghormati keyakinan teman-teman, saudara atau tetangga sekitar yang berbeda-beda. Menghargai dan menghormati keyakinan orang lain, sangat penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan," tuturnya.

Ditempat terpisah, Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto melalui Danramil 16/Banda Sakti Kapten Inf Said Zahlul Pasha mengatakan penanaman nilai Pancasila pada anak sejak usia dini sangat diperlukan agar anak bisa mengembangkan sikap dan
perilaku yang didasari oleh nilai-nilai Pancasila serta tumbuh
menjadi anak yang mempunyai akhlak mulia yang mempunyai moral sesuai harapan bangsa.

Ia juga mengatakan dalam pengalaman serta penghayatan terhadap nilai-nilai Pancasila di dalamnya terdapat rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan (nasionalisme) yang kenyataanya pada akhir-akhir ini cenderung menurun, sehingga dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa.

”Pancasila tidak sekadar mengajarkan kemanusiaan, tetapi juga ketuhanan sehingga mestinya karakter bangsa ini lebih baik dari bangsa lain,” kata Dandim.

Komentar

Loading...