Rindam IM Pertahankan Gelar Juara 1 Lomba Perahu Hias

Banda Aceh, acehportal.com – Resimen Induk Kodam Iskandar Muda (Rindam IM) berhasil mempertahankan gelar juara 1 pada perlombaan perahu Hias dalam rangka HUT RI ke 72 tahun 2017 di sungai Krueng Aceh di Banda Aceh, Minggu (20/8/17).

Dengan peserta berjumlah lebih dari 30 perahu Hias, dalam perlombaan ini, perahu Rindam IM mendapatkan nomor undian ke 21, dengan mengangkat thema “Gebyar Budaya Nusantara Aceh”. Bahwa pengambilan tema tersebut mengangkat kearifan lokal Aceh yang memang sangat tepat untuk diangkat pada event- event seperti Peringatan Hut RI ke 72 tahun 2017, karena media akan mengekspose secara nasional.

Danrindam Iskandar Muda Kolonel Inf Niko Fahrizal melalui Kordinator dan Kreator Perahu Hias Rindam IM Letkol Inf Slamet Riyanto Dandodik Bela Negara Rindam IM menjelaskan, bahwa pengambilan tema tersebut cukup beralasan, karena yang ditampilkan dalam perhu Hias tersebut, terdapat 5 (Lima) tematik, diantaranya Burung Garuda. Bahwa Burung Garuda mencerminkan Kebhinekaan kehidupan masyarakat Aceh.

Yang kedua, lanjut Letkol Inf Slamet Riyanto, Rumoh Adat Aceh. Menurutnya, Rumoh Adat Aceh merupakan fakta sejarah kehidupan masyarakat Aceh pada tempo dulu. Seperti Rumoh Aceh yang ada di museum Aceh dan Rumoh Aceh Tjut Nyak Dhien di Lampiseng, saat ini menjadi icon dan kebanggaan masyarakat Aceh.

Ketiga Tarian Saman dan Musik Rapae dan Rapae pase serta serune Kali, menjadi hiburan Khas Masyarakat Aceh saat acara-acara tertentu, kendati musik dan tari tarian tersebut merupakan kearifan lokal Aceh, yang saat ini sudah dikenal sampai manca Negara.

Keempat Kubah Masjid. Kubah Masjid menggambarkan, bahwa Masyarakat Aceh menerapkan syariat Islam sebagi sendi kehidupan bermasyarakat di bumi serambi mekah. Kelima miniatur Pesawat Dakhota RI 001 Seulawah Air yang menjadi saksi, bahwa Aceh merupakan daerah modal bagi kemerdekaan Republik Indonesia yang kini berusia 72 tahun.

Selain itu perahu dihiasi oleh Ornamen hiasan khas budaya Aceh ala pelaminan, yang dilengkapi Rumbay- Rumbay berwarna emas dan hitam, yang mengartikan kekuatan kultur budaya Aceh yang sudah melekat di masyarakat. Kemudian dihiasi bendera dan umbul-umbul merah putih, yang menguatkan masyarakat dalam bingkai NKRI.

“Perahu Hias Rindam IM membuatnya masyarakat, para undangan dan para juri kagum menyaksikan keindahan dan keunikan perahu Hias Rindam IM. Sehingga berhasil mempertahankan gelar juara 1 (satu) dan menyisihkan para pesaingnya,” ucap Kordinator dan Kreator Perahu Hias Rindam IM Letkol Inf Slamet Riyanto Dandodik Bela Negara Rindam IM.

Sementara untuk juara 2 di raih oleh satuan (Pomdam IM) dan 3 (Paldam IM). Sedangkan juara harapan 1 diraih oleh (Dinas Kebudayaan dan Parawisata Aceh), harapan 2 (Yonif Raider 112/DJ) dan Harapan 3 (Zidam IM).

Komentar

Loading...