Dua JCH Kloter 5 Gagal Berangkat Karena Sakit

Wali Kota Banda Aceh Lepas Keberangkatan 393 JCH ke Tanah Suci Banda Aceh - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman melepas secara resmi keberangkatan 393 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter Keempat asal Kota Banda Aceh ke tanah suci, Sabtu (19/8/2017) dari Asrama Haji Embarkasi Aceh. Dalam sambutannya, wali kota mengharapkan para jemaah agar senantiasa berdoa di tempat-tempat yang telah ditentukan sebagai tempat makbulnya doa. “Berdoalah untuk kemakmuran, kesejahteraan dan kedamaian masyarakat Kota Banda Aceh pada khususnya dan masyarakat Aceh pada umumnya,” pesannya. Aminullah juga mengingatkan kepada para jemaah untuk selalu memelihara kekompakan, kesatuan dan persatuan di antara sesama jamaah. “Jagalah nama baik bangsa Indonesia khususnya Aceh. Selain itu, selama berada di tanah suci jagalah kesehatan karena suhu udara sangat berbeda dengan di tanah air. Berdasarkan informasi yang kami terima, suhu di sana mencapai lebih dari 40 derajat celcius.” “Untuk itu diharapkan kepada jamaah calon haji agar dapat selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para medis yang bertugas apabila ada sesuatu hal yang dirasa mengganggu kesehatan,” pesananya lagi. “Harapan dan doa kami semoga pelaksanaan ibadah haji bapak dan ibu semua menjadi haji yang mabrur. Karena nilai-nilai kemabruran haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal saleh, baik secara individual maupun secara sosial,” pungkasnya. Kabag Keistimewaan dan Kesra Setdako Banda Aceh Arie Maula Kafka menyebutkan ke-393 JCH Banda Aceh yang diberangkatkan hari ini termasuk dengan lima orang petugas TPHI, TPIHI, dan TKHI. “Jemaah termuda tercatat atas nama Sayed Afif bin Sayed Azwani umur 20 tahun. Sementara jemaah tertua Rusmini binti Ali Muhammad yang berusia 84 tahun. JCH kloter keempat ini akan terbang ke Jeddah pada jam 18.00 WIB sore nanti dari Bandara Sultan Iskandar Muda,” katanya. Ia menambahkan, JCH asal Aceh yeng telah tiba di Kota Mekkah, Arab Saudi, dari kloter 1-3 berjumlah 1.176 orang yang terdiri dari 468 laki-laki dan 708 perempuan. “Sementara jemaah haji Provinsi Aceh yang sudah mendaftar dan mendapat seat (waiting list) untuk musim haji yang akan datang sampai dengan kemarin berjumlah 87.569 orang,” jelasnya.

Banda Aceh - Sebanyak 393 orang jemaah calon haji (JCH) kloter 5 dijadwalkan akan berangkat ke Arab Saudi hari ini, Minggu (20/8/2017) sekira pukul 19.20 WIB. Pada kloter 5, jemaah berasal dari Aceh Barat 284 orang, Aceh Besar 84 orang dan Aceh Tenggara 54 orang.

Menurut informasi yang dihimpun dari Koordinator Subbag Keprotokolan Humas dan Penerangan PPPIH Embarkasi Aceh, Rusli, dari 393 orang jemaah calon haji, yang akan berangkat hari ini adalah 143 orang laki-laki dan 248 orang perempuan. Sementara dua orang lainnya batal berangkan dikarenakan sakit.

"Jemaah akan ditempatkan di Mak‎tab 30, wilayah Mahbas Jin sektor III. Dua orang jemaah yang batal berangkat yakni Halimah dan Nasiruddin Radan Benu, keduanya warga asal Aceh Barat, batal berangkat karena sakit, jadi yang berangkat hari ini sebanyak 391 orang jemaah," ujar Rusli.

Ia menjelaskan, pada kloter ini‎, jemaah termuda yakni Zaiyatoel Rahmi binti Bustami (19) asal Aceh Barat dan jemaah tertua pada kloter ini yakni Saidah binti Adam Muhammad (86), asal Aceh Besar.

"Rencananya kloter 5 ini akan dilepaskan oleh Bupati Aceh Barat, T Alaidinsyah, penerbangan menuju Jeddah pukul 19.20 WIB. Jemaah calon haji yang sudah tiba di kota Mekkah dari kloter 1 hingga kloter 4 adalah sebanyak 1.569 orang, yang terbagi dari 634 orang laki-laki dan 935 orang perempuan," ungkap Rusli.

Sementara, jemaah resiko tinggi dari data kesehatan berjumlah‎ 309 orang (79,02 persen). Untuk jemaah haji Aceh yang sudah mendaftar untuk musim haji yang akan datang hingga Jumat (18/8/2017) kemarin berjumlah 87.569 orang.

"Jemaah yang masuk ke Asrama Haji hari ini adalah kloter 12 yakni jemaah yang berasal dari Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Barat, Pidie, Aceh Besar, Bener Meriah, Pidie Jaya, Aceh Tenggara dan Aceh Tamiang, pada pukul 06.00 WIB tadi," tambah Rusli.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Kota

Komentar

Loading...