Pangdam IM Beri Kuliah Umum kepada 350 Mahasiswa Baru Unsyiah

Banda Aceh, acehportal.com – Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Mayor Jendral TNI Moch Fachrudin S. Sos memberikan kuliah umum kepada 350 mahasiswa baru Unversitas Syiah Kuala (Unsyiah) dalam rangka Pakarmaru (Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa) baru Unsyiah tahun ajaran 2017/2018 bertempat di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, Senin (14/8/17).

350 mahasiswa baru Unversitas Syiah Kuala (Unsyiah) itu, terdiri dari Fakultas Hukum, Pertanian, Ekonomi dan Bisnis, serta Kelautan dan Perikanan. Mereka diberikan wawasan dan kebangsaan tentang Sosialisasi pengetahuan 4 (empat) Pilar Kebangsaan.

Dalam kuliah umumnya, Jendral Bintang Dua mengingatkan kepada mahasiswa untuk lebih aktif, dan wajib ikut serta membela negara, sesuai keahlian dan disiplin keilmuan dibidangnya masing-masing bagi kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia.

“Sekaligus demi tegaknya keutuhan dan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan segala Kebhinekaannya, sesuai 4 Pilar Kebangsaan yang menjadi kesepakatan bangsa dan seluruh rakyat Indonesia, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ucapnya.

Karena, lanjut Pangdam IM, tantangan kedepan dan peluang Indonesia menjadi Bangsa Pemenang dalam ketatnya kompetisi global sekarang ini, persaingan antar negara di dunia sehingga membutuhkan sosok mahasiswa, sebagai kaum intelektual dan calon-calon pemimpin bangsa harus mempunyai etos kerja yang tinggi, tangguh, pejuang dan pantang menyerah, ulet dan mandiri sebagai generasi penerus, yang akan mewariskan negara dan perjalanan bangsa Indonesia kedepannya.

“Negara-negara lain sangat iri, melihat Negara Indonesia saat ini. Karena wilayah kita sangat kaya Sumber Daya Alam (SDA), dengan memiliki vegetasi sepanjang tahun. Negara Indonesia, merupakan Negara Kepulauan Terbesar di daerah ekuator,” kata jendral bintang dua ini dihadapan 350 mahasiswa baru Unsyiah.

Pangdam juga berkesempatan memberikan pertanyaan tentang pancasila, bhineka tunggal ika dan menunjuk perwakilan mahasiswa untuk menyanyikan lagu bangun pemudi dan pemuda, kesemuanya dapat dijawab dan dinyanyikan dengan baik.

Dalam kuliah umumnya, Pangdam IM didampingi Pa Ahli Pangdam Bid. Hukum & Humaniter Kolonel Caj Drs. Ahmad Husein, S.MA, Asisten Teritorial Kolonel Inf Mahesa Fitriadi SAP, Kapendam IMKolonel Kav Rusdi SIP.

Komentar

Loading...