Danrem 012/TU Berikan Kuliah Umum Kepada Mahasiswa/I Baru Universitas Teuku Umar

Alue Peunyaring, acehportal.com - Komandan Korem 012/TU Kolonel Inf Nefra Firdaus, S.E., M.M, memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dan mahasiswi baru Universitas Teuku Umar yang mengikuti program pengenalan orientasi perguruan tinggi Universitas Teuku Umar, Alue Peunyaring, Kab. Aceh Barat, Kamis (10/08/17).

Danrem  menyampaikan materi tentang Wawasan Nusantara di depan kurang lebih 600 orang Mahasiswa dan Mahasiswi baru Universitas Teuku Umar, bertempat di Aula UTU. Hadir pada acara tersebut, Rektor UTU Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE, MBA, Plh Kasiter Korem 012/TU, Kapenrem 012/TU, Dekan dan Dosen Universitas Teuku Umar serta para Resimen Mahasiswa Universitas Teuku Umar.

Danrem dalam paparannya menyampaikan, wawasan nusantara dan kebangsaan yaitu bagaimana memandang suatu bangsa terhadap diri  dan lingkungan yang dilandasi sejarah serta aspirasi nasional dalam mencapai tujuan nasional.

Kebangsaan merupakan komitmen hati untuk membangun ikatan emosional dan rasional diantara perbedaan suku, ras, agama, golongan maupun asal usul. Sehingga, perbedaan adalah anugerah Sang Pencipta dan tidak perlu dipermasalahkan. Sementara, pengertian Bhinneka Tunggal Ika adalah keluarga yang merasa senasib sepenanggungan, adanya kesetiakawanan, dan hasrat untuk bersatu. “Krisis multidimensi dalam bidang politik, ekonomi, hukum, dan kepercayaan telah memberikan dampak buruk bagi kehidupan Indonesia. Hal ini karena adanya kelunturan rasa nasionalisme masyarakat hingga akhirnya berimbas kepada keadaan negara,” ujar Danrem.

Sementara itu, Rektor UTU Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE, MBA mengucapkan terima kasih kepada Danrem 012/TU yang telah berkenan hadir di Aula ini untuk memberikan berbagai hal informasi dan inspirasi kepada kita semua.

“Universitas Teuku Umar telah melambangkan nama Teuku Umar didepan sebagai nama besar Universitas Teuku Umar, kita harus menjaga dan menjadi pedoman hidup kita di bumi Universitas ini,” tegas Rektor UTU.

“Sekarang kami memiliki mata kuliah Kepemimpinan Teuku Umar, karena Teuku Umar adalah pahlawan Bangsa kita, pahlawan yang mesti kita ikuti karakter yang baiknya. Beliau adalah pembela bangsa dan kita wajib membela bangsa kita dari berbagai macam ancaman”, ujar Rektor.

“Dengarkan dan jadikanlah inspirasi ini unyuk menggerakan saudara, bagaimana kalian ikut membela negara inidari berbagai kenakalan asing dan perlu kita ucapkan terima kasi kepada Bapak Danrem yang telah meluangkan waktu yang sikat ini,” pesan Rektor UTU.

Komentar

Loading...