Babinsa Bekali Siswa Pengetahuan Pancasila di Pedalaman Aceh Utara

Aceh Utara, acehportal.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 28/Pirak Timur Jajaran Kodim 0103/Aceh Utara Serda Mahyuni membekali siswa siswi tentang Pengetahuan sejarah Pancasila  di  Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Pirak Timur Kecamatan Pirak Timur Kabupaten Aceh Utara. Senin (07/08).

Serda Mahyuni menjelaskan, Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan pidato dihadapan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan, dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan "Lahirnya Pancasila" oleh mantan Ketua BPUPK Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPK tersebut dan mulai 1 Juni 2017 diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Lebih lanjut dijelaskan, Pancasila tidak akan memiliki makna tanpa pengamalan. Pancasila bukan sekedar simbol persatuan dan kebanggaan bangsa. Tetapi, Pancasila adalah acuan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Oleh karena itu, kita wajib mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Untuk mengamalkan Pancasila kita tidak harus menjadi tentara atau Polisi dan mengangkat senjata namun mengamalkan nilai-nilai Pancasila dapat di memulai dari hal-hal kecil dalam keluarga, seperti melakukan musyawarah keluarga. Setiap keluarga pasti mempunyai masalah. Nah, masalah dalam keluarga akan terselesaikan dengan baik melalui musyawarah. Kalian dapat belajar menyatukan pendapat dan menghargai perbedaan dalam keluarga," terangnya.

Dalam kegiatan itu, para siswa sangat antusias menyimak apa yang dijelaskan oleh Serda Mahyuni dan berharap Serda Mahyuni kembali datang ke sekolah tersebut untuk memberikan Pengetahuan tentang NKRI.

Komentar

Loading...