Sempat Hilang Kontak, Posisi Kapal dari Jakarta ke Aceh Diketahui

detik.comIlustrasi kapal tongkang

Banda Aceh - Satu unit kapal tunda (tugboat) dan kapal tongkang yang mengangkut material milik PT Medco sempat dikabarkan hilang kontak. Namun berselang beberapa jam kemudian, keberadaan kedua jenis kapal ini kembali diketahui.

Informasi dihimpun detikcom, kapal jenis tugboat SM XIX dan tongkang Beslink 9911 berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju Pelabuhan Kuala Langsa, Aceh. Kapal dengan call sign YDA 3563 tersebut mulai berlayar dari Tanjung Priok pada Senin, 24 Juli 2017.

Dalam pelayaran, kapal tersebut mengangkut bahan material milik PT Medco yang beroperasi di Julok, Aceh Timur. Setelah beberapa hari berlayar, kapal tersebut sempat dikabarkan hilang kontak pada Kamis (3/8). Pihak terkait mencoba menghubungi awak kapal.

Namun berselang beberapa jam kemudian, keberadaan kapal kembali diketahui. Ternyata, kapten kapal melaju terlalu ke tengah laut sehingga tidak memiliki jaringan telepon seluler. Komunikasi pihak kapal dengan petugas dilakukan via telepon genggam.

Berdasarkan keterangan awak kapal, sekitar pukul 20.00 WIB tadi malam kapal sudah berada di wilayah Sumatera Utara. Posisi tugboat SM XIX saat itu yaitu 35 mil dari Kuala Langsa. Rencananya, besok pagi Jumat (4/8) kapal akan merapat ke Kuala Langsa sekitar pukul 07.00 WIB.

"TB. (tugboat) SM XIX dan TK. (tongkang) Beslink 9911 sudah dapat hubungan dengan owner. Akan tiba di Kuala Langsa tanggal 4/8/2017 jam 07.00 WIB," kata Kapten Kapal SAR KN Kresna 232 Supriadi, saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (3/8) malam.

Sumber:detik.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...