GIM Dicanangkan Untuk Tumbuhkan Minat Baca di Aceh Besar

Asisten I Drs Mukhtar MSi melihat sejumlah buka di mobil pustaka keliling, usai Launching Gerakan Indonesia Membaca dan Kampoeng Literasi, Gampong Kajhu. (Ist.)

Jantho, Acehportal.com - Untuk menumbuhkan minat baca dikalangan masyarakat di wilayah Aceh Besar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten setempat bersama Taman Baca Masyarakat (TBM) Ar Rasyid, mencanangkan Gerakan Indonesia Membaca (GIM).

Pencanangan  GIM dan Kampung Literasi itu, dilaunching oleh Asisten I Setdakab Aceh Besar, Drs Mukhtar Msi yang mewakili Bupati Aceh Besar, di Gampong Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Selasa (01/08/2017).

“Gerakan ini sangat penting. Dan kami mengajak semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyukseskan Gerakan Indonesia Membaca, khususnya di Kabupaten Aceh Besar,” ujar Mukhtar, dalam kata sambutan tertulis Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali.

Ia menyebutkan, Pemkab Aceh Besar sangat mendukung program GIM dalam hal ini melalui pencanangan “Kampung Literasi” di Dusun Lambateung, Gampong Kajhu itu.

Apalagi, katanya, membaca  itu merupakan jendela dunia. Untuk itu, minat baca masyarakat harus didorong, serta dikembangkan, sehingga mereka lebih berpengetahuan, berbudaya, maju, dan mandiri.

Ia juga menambahkan, salah satu upaya untuk menumbuhkan minat baca, yaitu  program Gerakan Indonesia Membaca.

“Dengan adanya program ini melalui pencanangan Kampung Literasi, dapat membangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat sebagai tahapan terwujudnya budaya baca, khususnya di Kabupaten Aceh Besar,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan kebudayaan Aceh Besar, Teuku Zahlul SE mengatakan, Dinas P dan K  bersama-sama dengan komunitas literasi, akan menyiapkan pojok-pojok baca ditiap desa, PAUD, sekolah dasar, sekolah menengah, dan membentuk kader literasi serta memilih duta baca Aceh Besar.

Ia menambahkan, dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat mewujudkan tekad Aceh Besar menjadi Kabupaten Literasi.

Selain itu, dalam acara tersebut, Bupati Aceh Besar, juga  menyerahkan donasi kepada tujuh TBM, yakni TBM Uswatun Hasanah, Mujahidin, Seuruni, Cakrawala, Hexsa Pelita, Pojok Baca Lambateung, dan Pojok Baca Gampong Meurah.

Penulis:Redaksi
Rubrik:Pendidikan

Komentar

Loading...