Ulama dan Tokoh Aceh Akan Orasi Tabligh Akbar Peduli Palestina di Masjid Raya Baiturrahman

Banda Aceh - Sejumlah ulama dan tokoh Aceh direncanakan akan berorasi pada acara Tabligh Akbar Aceh untuk Peduli Palestina pada Minggu (7/8/2017) mendatang yang dilaksanakan di halaman Masjid Raya Baiturrahman.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Kegiatan, Muhammad Balia kepada sejumlah media di Kota Banda Aceh, Senin, (31/7/2017).

Para ulama dan tokoh tersebut antara lain Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Farid Wajdi Ibrahim, Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk Faisal Ali, Ulama Muda Aceh, Tgk Muhammad Yusuf A Wahab (Tusop Jeunieb), Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman, Darwati A Gani dan lainnya.

Ia menjelaskan, Tabligh Akbar ini direncanakan akan dibuka Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, karena Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, tengah dinas luar daerah pada tanggal tersebut.

"Selain para tokoh dan ulama tersebut, juga akan diberi sambutan oleh Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Anggota Komisi Hukum DPR RI, M Nasir Djamil, Pimpinan Majelis Zikir Zawiyah Nurun Nabi, Tgk Jamhuri Ramli, Rafly Kande dan sebagainya," jelasnya.

Menurut Balia, acara yang dibuat atas kerjasama puluhan organisasi massa dan komunitas di Aceh ini, diperkirakan akan dihadiri sebanyak 10 ribu orang yang bertujuan untuk menunjukkan kepedulian dan solidaritas masyarakat Aceh terhadap umat Islam Palestina yang masih berada dalam penjajahan Israel.

Apalagi, sambungnya, di Palestina terdapat kiblat pertama umat Islam, yaitu Masjid Al Aqsa.

Dengan acara ini, sebutnya, kita ingin tunjukkan kepada dunia persatuan masyarakat Aceh dalam menyikapi isu penjajahan Israel atas Palestina. “Oleh sebab itu, kami juga akan melakukan penggalangan dana yang nantinya akan disalurkan ke Palestina via lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Bagi ingin berdonasi untuk Palestina bisa via nomor rekening Bank Aceh Syariah 610.01.99.000087.3 atas nama Aceh untuk Palestina,”ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Humas Acara Tabligh Akbar, Teuku Zulkhairi menyatakan, acara ini akan dimulai dengan salat Subuh berjamaah, tausiah Subuh tentang "Keutamaan Masjidil Aqsa",  khataman Alquran 30 Juz oleh 150 huffaz dari Ittihad Halamatil Quran (IHQ), Pemutaran video kondisi terkini di Al Aqsa, Zikir dan Doa bersama dan dilanjutkan dengan orasi para ulama, tokoh masyarakat dan sejumlah muballigh.

“Kami berharap dukungan dari masyarakat Aceh untuk suksesnya acara ini,”pungkas Zulkhairi.

Penulis:Teuku Iqbal
Rubrik:Kota

Komentar

Loading...