Tinjau Persiapan Sail Sabang, Komisi X DPR RI: Penginapan dan Transportasi Harus Dibenahi

Banda Aceh - Rombongan Komisi X DPR RI bersama Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meninjau persiapan pelaksanaan Sail Sabang 2017 yang akan digelar di Kota Sabang pada 28 November - 5 Desember 2017.

Kunjungan kerja ke Sabang yang dipimpin oleh Ketua Komisi X DPR RI Teuku Rifki Harsya itu, turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Aceh Reza Fahlevi, Ketua DPRK Kota Banda Aceh Arif Fadhilah, dan Pemerintah Kota Sabang.

Ketua Komisi X DPR RI Teuku Rifki Harsya mengatakan, kunjungan ini dalam rangka melihat kesiapan Sail Sabang dan melihat dukungan apa yang bisa diberikan terkait pengembangan potensi pariwisata di Sabang.

Ia mengungkapkan, untuk pergelaran Sail Sabang pihaknya bersama Kemenpar telah mengantongi beberapa permasalahan yang harus diantisipasi dengan segera, seperti penginapan dan transportasi yang masih sangat terbatas.

Menurut dia, penginapan di Sabang saat ini hanya tersedia  seribu kamar dan Itu pun sudah termasuk dengan kamar-kamar Losmen, sementara penginapan yang dibutuhkan pada Sabang Sail nanti setidaknya diperlukan sebanyak lima ribu kamar.

Begitupun dengan transportasi laut, katanya, kapal cepat dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan Sabang juga masih sangat terbatas. “Itu harus segera diatasi oleh Kemempar selaku leading sektor pada event tersebut,”jelasnya, Senin (31/07/2017).

Apalagi, tambahnya, Sail Sabang itu direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo yang akan dihadiri oleh 70 negara sahabat.

“Nah ini harus kita sukseskan, karena ini juga menyangkut nama Indonesia di mata negara lain, selain itu kalau acara ini sukses maka akan mudah Pemerintah Aceh dan Pemerintah Sabang untuk melakukannya di tahun-tahun selanjutnya, tapi apabila gagal ini akan sulit dilakukan di kemudian hari, jadi kita harapkan semua menjaga kesempatan emas ini agar bisa berhasil,”katanya.

Kepada Kemenpar, Ia meminta agar segera melakukan berkoordinasi dengan lintas kabinet untuk mendukung suksesnya Sail Sabang tersebut.

Dia menyebutkan seperti melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait permasalahan transportasi, dan juga terkait permasalahan-permasalahan seperti penginapan dan sebagainya, semua itu harus segera diatasi.

Sementara terkait dengan adanya permasalahan lain, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Walikota Sabang terpilih agar hal itu bisa diantisipasi lebih awal.

“Wacana itu memang sudah ada, tapi kita menekankan pada kepastiannya, seperti persoalan penginapan dan pengangkutan,  kepastiannya harus segera dipastikan dan kita harapkan itu menjadi solusi,”ujarnya.

Penulis:adi
Rubrik:Pariwisata

Komentar

Loading...