Pidie Dapat Dana PKH Rp7,5 Miliar

IMG-20170801-WA0004

Acehportal.com, Pidie – Pemerintah Kabupaten Pidie melaunching perdana penyaluran dana Program Keluarga Harapan (PKH) 2017 yang bertempat di Kantor Kecamatan Tangse, Pidie.

Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud mengharapkan bagi peneriman manfaat dana PKH dan menjalankan semua kewajiban yang sudah diatur.

Dikatakannya, syarat wajib bagi penerima dana PKH antara lain menyekolahkan anak, memeriksa kesehatan anak, memeriksa kandungan bagi ibu hamil, jika syarat dan kewajiban terhadap penerima PKH tersebut tidak dilaksanakan, maka sudah sepatutnya kartu PKH harus dicabut dari penerima.

“Cabut saja kartunya jika tidak mejalankan kewajiban, namun tetap memamlui mekanisme yang sudah diatur,” kata Fadhlullah dalam kata sambutannya di aula Kantor Camat Tangse, Selasa (1/08/2017).

Dana PKH yang sifatnya stimulan tersebut jumlahnya kecil, hanya satu per sepuluh dari kebutuhan sehari-hari, tentu tidak bisa digunakan untuk kebutuhan hidup.

Tujuan dari pemerintah memberikan dana PKH in yaitu untuk memutuskan mata rantai kemiskinan, makanya PKH tersebut diperuntukkan kapada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).

“Pendamping PKH harus bekerja ikhlas dan tegas, karena ini menyangkut peningkatan indeks sumberdaya manusia di Pidie yang terus menurun, buat hubungan baik dengan desa dan pihak kecamatan, saya pun selalu dapat ditemui,” sambung Fadhlulah.

Koordinator  PKH Kabupaten Pidie, Noval yang dihubungi acehbisnis.co mengatakan, tahun 2017 ini total dana untuk PKH Pidie mencapai 7,5 miliar, sedangkan proses penyaluran dana PKH tahap tiga sudah dimulai, namun terkendala dengan belum sampainya Kertu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dikirim dari Jakarta.

“Baru 7,5 ribu kartu KKS atau 50 persen dari total 15.163 penerima PKH yang sudah sampai dan proses penyalurannya sedaang dalam proses,” kata Noval.

Menurut Noval, secara teknik semua penyaluran dana PKH berjalan lancar, hanya saja lokasi penyaluran yang sebulumnya dilakukan PT Pos Indonesia dialihkan ke Bank Rakyat Indonesia.

“Hanya karena proses pengalihan pembayaran saja, makanya sebagian KKS belum sampai,” ujar Noval.

Penulis:raju
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...