Tahun Ini, 45 Anak Dhuafa Gratis Sekolah di PAUD RUMAN

Para murid PAUD RUMAN bermain dipekarangan sekolahnya. (Ist.)

 Acehportal.com, Banda Aceh - Sebanyak 45 anak keluarga dhuafa bersekolah gratis seratus persen di Pendidikan Anak Usia Dini Lembaga Pendidikan Rumah Baca Aneuk Nanggroe (PAUD-RUMAN), untuk tahun ajaran 2017/2018 yang dimulai Senin (17/7/2017) pagi.

Hal tersebut diutarakan Kepala Sekolah PAUD RUMAN, Rizky Sopya S Pd, ketika menyambut anak-anak tersebut beserta keluarga mereka di PAUD RUMAN, di gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.

“Total murid kita pada tahun ajaran ini 65 anak, 45 di antaranya masuk dengan gratis setelah melalui survey langsung tim RUMAN ke rumah mereka. Sedangkan 20 anak lainnya berbayar, baik penuh mau pun separuh,” ujar Rizky.

Dari segi domisili, anak-anak tersebut, lanjut Rizky mayoritas berasal dari seputaran Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh. Namun, ada juga dari beberapa kecamatan yang berdekatan. Termasuk dari Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Sementara itu, di tempat terpisah, Pendiri RUMAN, Ahmad Arif mengungkapkan bahwa 45 anak dhuafa tersebut mempunyai donatur tetap yang menanggung biaya sekolah mereka selama setahun ke depan.

“Setiap donatur berbagi rezeki Rp 270.000 setiap bulan untuk seorang anak dhuafa yang lulus survey kita. Di antara donatur ada yang menanggung 3 anak. Modal kita sejak 4 tahun lalu adalah totalitas kepercayaan dan hana fee dalam menjalankan khidmah. Terima kasih kami ucapkan kepada semua donatur,” ujarnya.

Sebagai informasi, RUMAN mulai rutin melakukan kegiatannya sejak 8 April 2013. Sedangkan Sekolah PAUD RUMAN dimulai pada tahun ajaran 2015/2016. Saat ini, RUMAN memiliki lima kegiatan rutin, semuanya gratis bagi masyarakat. Yaitu, taman bacaan masyarakat (TBM), bimbingan belajar, MIBARA (minggu baca rame-rame), rumah pustaka dan PAUD.

TBM RUMAN baru saja mewakili Provinsi Aceh dalam ajang Apresiasi Pengelola TBM Berprestasi Tingkat Nasional yang diadakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di Bengkulu pada 9-15 Juli 2017.

Komentar

Loading...