DPRA Sidak Rutan Lhoknga, Ini yang Ditemukan!

DPRA sidak Rutan Lhoknga

Aceh Besar, acehportal.com - Sejumlah anggota DPRA dari Komisi I yang membidangi hukum bersama Wakil Ketua DPRA Teuku Irwan Djohan melakukan sidak ke Rutan Perempuan dan Anak yang berlokasi di Lhoknga, Aceh Besar, pada Senin (17/7/2017).

Anggota Komisi I DPRA Iskandar Al-Farlaki menyebutkan, dirinya bersama anggota dewan lainnya Mariati Fraksi Partai Aceh, dan Sulaiman Ali Fraksi PAN juga Teuku Irwan Djohan melakukan kunjungan mendadak ke rutan tersebut dalam kapasitas kapasitas selaku anggota Komisi 1 yang salah satunya membidangi persoalan hukum.

Cabang Rutan Lhoknga saat ini dihuni oleh 80 tahanan dengan kapasitas totalnya 150 tahanan, 21 diantaranya merupakan tahanan anak-anak. Dari hasil percakapan yang dilakukan oleh DPRA, tahanan di sana terlibat sejumlah kasus diantaranya narkotika, mesum, dan tipikor.

"Sayangnya masih ada anak- anak usia sekolah terpaksa mendekam dalam sel tahanan." cerita Iskandar putra Aceh Timur ini.

Tak hanya itu, kata Iskandar, ada juga bayi yang berumur sekitar tujuh bulan terlihat berada dalam sel bersama ibunya karena kondisi sedang menyusui. "Kami menemukan kendala utama di dalam rutan adalah masalah air bersih yang masih menjadi persoalan pelayanan kebutuhan para tahanan, kita berharap, kendala tersebut akan segera dapat teratasi," katanya.

Ke depan DPRA berharap, seluruh rutan dan LP di Aceh dapat memberi pelayanan terbaik kepada seluruh tahanan, termasuk diantaranya terkait soal menu makanan, fasilitas kamar tidur, plus sarana lainnya. Sehingga kasus- kasus kerusuhan dalam rutan atau LP seperti yang diberitakan selama ini tidak ada lagi. (*)

Rubrik:DPRA

Komentar

Loading...