Konsumsi Pertalite di Aceh Naik 7 Persen Selama Mudik

AntaraPedagang BBM enceran

Acehportal.com, Banda Aceh – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I Sumbagut mencatat pada periode Satgas Idul Fitri 1438 Hijriyah konsumsi Bahan Bakar jenis Pertalite di Provinsi Aceh naik 7 persen.

Kenaikan penguna pertalite di Provinsi paling ujung barat Indonesia itu terjadi pada H-1 Lebaran. Dan tren konsumsi tertinggi terjadi di Kabupaten Aceh Barat, Singkil dan Aceh Timur.

“Selama satgas tanggal 10 Juni hingga kini, penyaluran Pertalite di Aceh naik rata rata 7 persen atau menjadi 983 kiloliter per hari dari normal 916 kiloliter,”kata Fitri Erika, Area Manager Communication & Relation Pertamina Sumbagut di Banda Aceh, Minggu (02/07/2017).

Ia menyatakan, bahwa peningkatan konsumsi bahan bakar, khususnya pertalite di Aceh didominasi oleh permintaan konsumen di daerah jalur mudik.

Sementara untuk Pertamax naik 37 persen dari normal 127 kiloliter perhari menjadi 174 kiloliter (kl) perhari. Lonjakan konsumsi Pertamax terjadi pada H-2 tgl 23 Juni menjadi 390 kiloliter atau naik 207%.

Sedangkan tren solar dan premium terjadi penurunan pada masa satgas Idul Fitri 1438 hijriyah. “BBM jenis Solar selama satgas hingga kini mengalami penurunan sekitar 12% dari 916 kl perhari menjadi 806 kl perhari,”jelasnya.

Penulis:Teuku Iqbal
Rubrik:Ekonomi

Komentar

Loading...