Terkena Jerat Babi, Beruang Madu Ditemukan Luka Parah di Aceh Utara

Beruang Madu. Foto Dok. BKSDA Aceh

Acehportal.com - Seekor beruang madu (helarctos malayanus) berjenis kelamin betina terkena jerat babi di Desa Ie Tarik Dua, Kecamatan Simpang Kramat, Aceh Utara, Aceh. Kondisinya, tangan kanan mengalami luka parah.

"Sekarang sudah kita bawa ke Banda Aceh dan akan dilakukan tindakan medis," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo dalam keterangannya, Jumat (28/4/2017).

Beruang madu tersebut terkena jerat babi pada Rabu (26/4) lalu. Saat itu, warga memasang jerat di sana untuk memberantas hama babi. Namun secara tidak tersengaja terkena beruang.

Tak lama berselang, warga melapor soal adanya beruang madu ke petugas BKSDA SKW Lhokseumawe, Aceh. Tim meluncur ke lokasi dan melakukan evakuasi. Pada Kamis (27/4) kemarin, petugas BKSDA dari Banda Aceh datang ke Lhokseumawe.

Tindakan medis rencana dilakukan oleh dokter hewan gabungan BKSDA dan FKH Unsyiah. Menurut Sapto, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan tim dokter Unsyiah.

"Beruang akan dilakukan tindakan di Unsyiah dengan pertimbangan alat lebih lengkap. Dari penglihatan visual kemungkinan besar harus diamputasi," jelas Sapto.

Sumber:detikcom
Rubrik:News

Komentar

Loading...