Pemkab Pidie Terima Sertifikat Bebas Malaria

acehportal.comPemkab Pidie terima sertifikat bebas malaria

Acehportal.com, Pidie - Pemerintah Kabupaten Pidie menerima sertifikat bebas Malaria dari Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, karena dinilai telah mampu menangani dan menurunkan angka kejadian penyakit malaria.

Seritifikat bebas malaria tersebut diserahkan oleh Menkes RI, Prof dr Nila A Moeloek, Sp.M kepada Wakil Bupati Pidie, M.Iriawan SE pada Peringatan Hari Malaria se-Dunia ke 10 di lapangan Pelabuhan Perikanan Kota Ternate Maluku Utara, Kamis (27/4/2017)

Kabag Humas Sekdakab Pidie, Safrizal mengatakan, seritifikat bebas malaria yang diterima Pemkab Pidie itu, melalui proses yang sangat panjang karena Pidie sebelumnya merupakan salah satu daerah kasus malaria yang masih sangat tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

“Bupati Pidie Sarjani Abdullah, pada tahun 2014 lalu, telah menandatangani Peraturan Bupati Nomor 6 tentang Eliminasi Malaria yang dijadikan dasar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Pidie untuk melakukan beberapa kegiatan mewujud Pidie sebagai bebas malaria,”katanya.

Adapun langkah penanganan yang dilakukan Dinkes Pidie, jelasnya, adalah advokasi dan sosialisasi eliminasi malaria bagi lintas sektor terkait, peningkatan kapasitas petugas mikroskopis malaria puskesmas, peningkatan kapasitas bidan desa, melakukan monitoring dan evaluasi program serta penguatan sistem pelaporan dan pendataan.

Dikatakannya, dengan kerja keras dari pihak Dinkes Pidie, sehingga mampu menekan angka kasus penyakit malaria yang sebelumnya sangat signifikan, sejak tahun 2012 terdapat 82 kasus positif malaria, turun menjadi 52 kasus di tahun 2013, pada tahun 2014 turun menjadi 25 kasus, dan di tahun 2015 turun drastis menjadi 5 kasus, sedangkan pada tahun 2016 lalu hanya terdapat 2 kasus, itupun bukan merupakan kasus setempat (Indeginous) atau kasus import.

“Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2016 lalu menurunkan tim dari Subdit Malaria untuk melakukan Verifikasi ke Kabupaten Pidie, setelah diverifikasi bahwa tidak ada lagi kasus Malaria di Kabupaten Pidie sehingga Kabupaten Pidie ditetapkan sebagai daerah Eliminasi (bebas) Malaria,”sebutnya.

Turut hadir pada penerimaan Sertifikat Eliminasi Malaria dari Menkes RI tersebut, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Bakhtiar, SKM, M. Kes dan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Turno Junaidi, SKM, MKM.

Penulis:raju
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...