Narkoba Salah Satu Bentuk Nyata Perang Modern

Peserta sosialisasi P4GN TNI AD, mengikuti jalannya tes urine

Mata 'Ie, Acehportal.com - Sosialisasi dan Uji Petik Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) TNI AD Tim Terpadu Spamad dilaksanakan di Aula Rindam Iskandar Muda. Rabu (26/4/17).

Sosialisasi ini diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kesadaran para prajurit beserta keluarganya tentang bahaya narkoba. Sedangkan kegiatan uji petik diselenggarakan untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat kepatuhan hukum di kalangan prajurit untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan  narkoba.

Dewasa ini masalah penyalahgunaan dan peredaran narkoba semakin mengkhawatirkan dan menjadi keprihatinan bersama, sehingga tidak salah jika Presiden RI mengatakan bahwa Indonesia sedang berada pada zona darurat narkoba.

Dalam sambutan Pangdam Iskandar Muda yang dibacakan Kasdam Iskandar Muda, Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardien bahwa Pangdam berharap kepada prajurit Kodam Iskandar Muda agar selalu waspada terhadap fenomena masifnya peredaran narkoba di Indonesia khususnya wilayah Aceh, yang mana peredaran narkoba cukup tinggi seperti dengan banyaknya ditemukan ladang ganja dan peredaran sabu-sabudi wilayah provinsi Aceh, dan sudah menyentuh segenap lapisan masyarakat, tidak terkecuali di kalangan prajurit TNI.

“Hal ini merupakan salah satu bentuk nyata perang modern, atau proxy war. Dengan cara menggunakan narkotik sebagai senjata utama, untuk melumpuhkan suatu kekuatan bangsa, merusak generasi penerus bangsa Indonesia. Narkoba telah dijadikan sebagai alat untuk membuat hilangnya generasi yang berkualitas (Lost Generation),” katanya.

Kodam Iskandar Muda berkomitmen dalam memberantas narkoba, hal ini juga merupakan instruksi komando atas untuk menjauhi penyalahgunaan narkoba di jajaran TNI.

"Bagi anggota yang terlibat akan diberikan sanksi yang tegas dan berat terhadap pengguna narkoba, beking narkoba, apalagi sebagai pengedar. Karena TNI sebagai garda terdepan dalam pertahanan negara Indonesia, prajurit Kodam IM tidak ada yang terlibat dan melibatkan diri dengan narkoba, karena apabila terlibat tentu akan menjadi lemah,” tegas Kasdam.

Kurang lebih 500 personel Perwira, Bintara dan Tamtama sejajaran Kodam Iskandar Muda mengikuti kegiatan sosialisasi dan ujii petik Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) TNI AD  dari Tim Terpadu Spamad TA. 2017.

Turut hadir, Waaspam Kasad Brigjen TNI Muhammad Nurrahman, para Kabalak, Wakil Asisten, Wadan Rindam, Tim Puspomad, Perwira, Bintara, dan Tamtama sejajaran Kodam Iskandar Muda.

Komentar

Loading...