Kodim 0101/BS Uji Kesegaran dan Ketangkasan Jasmani Prajurit

Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS menyelenggarakan Tes Kesamaptaan Jasmani Periodik-1 Tahun 2017

Banda Aceh.Acehportal - Dalam rangka menguji kesegaran dan ketangkasan jasmani anggota, Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS menyelenggarakan Tes Kesamaptaan Jasmani Periodik-1 Tahun 2017 bertempat di Lapangan Blang Padang Banda Aceh, Rabu (26/4/2017).

Komandan Kodim 0101/BS Letnan Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, S.I.P melalui Perwira Seksi Personel, Mayor Inf Eka Namah Soerana Putra selaku Koordinator Umum kegiatan menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan program rutin pembinaan personel TNI AD yang bertujuan untuk mengukur serta menguji kesegaran dan ketangkasan prajurit di jajaran Kodim 0101/BS.

Lebih lanjut Mayor Eka menjelaskan, kurang lebih sebanyak 500 orang personel akan mengikuti tes dan hasil dari tes ini nantinya akan digunakan sebagai bahan pendukung dalam penentuan arah pembinaan karier prajurit.

"Hasil tes kesamaptaan ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu syarat administrasi bagi prajurit dalam proses pembinaan karier mereka, seperti pengusulan pendidikan, kursu, usul kenaikan pangkat (UKP) serta arahan jabatan" lanjutnya.

Pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani akan dilaksanakan selama tiga hari mulai 26 s.d 28 April 2017 mendatang, kegiatan dimulai pada pukul 06.30 WIB diawali dengan pemeriksaan kesiapan anggota oleh Danramil 13/Kuta Alam Kapten Inf Parianto selaku Koordinator Materi dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Tim Kesehatan Lapangan (Keslap) Kesdam IM, selain prosedur hal ini juga dilakukan untuk menghindari terjadinya insiden yang mengakibatkan kerugian personel.

Selanjutnya anggota yang dinyatakan sehat dan layak untuk mengikuti kegiatan, melaksanakan senam perenggangan dan pemanasan yang dipimpin oleh para Bintara pelatih.

Materi tes kesamaptaan ada dua, meliputi tes kesegaran jasmani dan tes ketangkasan jasmani. Dimana tes kesegaran jasmani meliputi ; lari jarak 3200 meter, Pull Ups, Sit Ups, Push Ups dan Shutle Run. Sementara tes ketangkasan jasmani yaitu renang dasar jarak 50 meter dengan menggunakan gaya dada.

Kapten Parianto menjelaskan bahwa nilai batas kelulusan adalah rata-rata 65 dari jumlah keseluruhan materi dengan syarat nilai tiap-tiap materi di atas 41.

"Bagi personel yang mencapai target nilai rata-rata 65 dengan nilai tiap materi di atas 41 maka mereka dinyatakan lulus, namu jika tidak ya tidak lulus," ujarnya.

Pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani dipantau langsung oleh Tim Asistensi dari Jasdam IM, dimana Tim tersebut bertugas melakukan pengawasan dan memberikan atensi sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Komentar

Loading...