Menuju Sehat, Jajaran Persit Kartika Chandra Kirana PD IM dan Dharma Pertiwi Daerah R, Gelar Pemeriksaan Iva/Pap’s Smear

Persit Kartika Chandra Kirana PD IM dan Dharma Pertiwi Daerah R, Gelar Pemeriksaan Iva/Pap’s Smear

Banda Aceh, Acehportal.com - Dalam upaya mencegah penderita penyakit kanker leher rahim, Persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) wilayah Aceh menggelar pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan pemeriksaan IVA/PAP SMEAR bagi anggota Persit Kartika Chandra Kirana jajaran PD Iskandar Muda dan anggota Dharma pertiwi segarnizun Kota Banda Aceh, bertempat di Rumah sakit TK II Kesehatan Daerah Militer Kodam Iskandar Muda (Kesdam IM). Selasa (25/04/17).

Pemerikasaan IVA/PAP’S SMEAR tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana jajaran PD Iskandar Muda Ny. Shanty Moch. Fachrudin S.Sos dan kepala BPJS wilayah Aceh Rita masyita Ridwan S.si Apt M.kes.

Dalam kesempatan itu kepala BPJS wilayah Aceh menjelaskan, penyebab kanker leher rahim adalah infeksi dari Human Papiloma Virus (HPV) tipe 16 dan 18, salah satu cara mencegah kanker leher rahim yakni dengan cara Skrining atau Penapisan untuk mengetahui telah terjadi infeksi atau tidak dengan jalan IVA/PAP SMEAR.

Aapun tujuan pemerikasaan IVA/PAP’S SMEAR adalah, untuk mencegah deteksi dini kanker leher rahim sedini mungkin, seperti diketahui kanker leher rahim adalah jenis kanker kedua setelah kanker Payudara yang sering terjadi pada perempuan di Indonesia.Sementara itu Ny. Shanty mengatakan, kesehatan merupakan faktor sangat penting dalam kehidupan, tingkat kesehatan yang baik akan berpengaruh secara signifikan terhadap pencapaian kehidupan yang lebih berkualitas.

Peran seorang ibu sangat penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan yang dimulai dari tingkat keluarga. oleh karena itu, kegiatan pemeriksaan IVA ( infeksi asam asentat ) ini dimaksudkan untuk mengenal lebih dekat tentang penyakit kanker SERVIKS, sehingga kita diharapkan lebih peduli terhadap kesehatan kita masing-masing kalau bukan kita siapa lagi,” tutur Ny. Shanty.

“ Manfaatkan momentum ini dengan mencegah datangnya penyakit, dan dengan harapan mengikuti kegiatan ini dengan serius tanpa harus malu-malu untuk bertanya hal-hal yang belum diketahui atau belum jelas,” tutup Ny. Shanty Moch. Fachrudin S.Sos.

Tampak hadir dalam pemerikasaan IVA/PAP’S SMEAR, Karumkit TK II Kesdam IM, Waka Kesdam IM, Ketua Dharma Pertiwi Daerah R, Para pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD Iskandar Muda serta para pengurus Dharma pertiwi Daerah R.

Komentar

Loading...