Tim Saber Pungli Tangkap 3 Perangkat Desa Leuhan Johan Pahlawan

Penahanan tersangka OTT oknum PNS Cipta Karya Aceh/gun

Aceh Barat, Acehportal.com - Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Pungli-Saber) Dari Polres Aceh Barat melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap tiga perangkat Desa Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan.

Adapun yang terjaring OTT antara lain berinisial AR (47) selaku Kepala Dusun Raja Aceh, Desa Leuhan, MN (58) angota Tuha Peut, dan JR (45) ketua Pemuda desa setempat.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Teguh Priyambodo Nugroho SIK, Senin (17/4/2017) kepada wartawan mengatakan ketiga perangkat yang terjaring OTT tersebut karena diduga telah melakukan pengutipan uang secara liar terhadap sopir truk pengangkut pasir untuk pengerjaan proyek jembatan di desa mereka itu.

Mereka ditangkap pada Minggu (16/4/2017) sekitar pukul 16.45 WIB di Dusun Raja Aceh, Desa Leuhan. Disitu pula polisi juga mengamankan uang hasil kutipan sebesar Rp4.300.000 serta buku bukti penyetoran uang dari pungli tersebut, dari tangan para pelaku.

Teguh menyebutkan, perbuatan pungli ini telah lama dilakukan mereka sejak dimulai kegiatan pengerjaan jembatan yang sudah berlangsung sejak beberapa bulan. Dalam kutipan per unit mobil truk diminta Rp10.000/unit.

“Alasan mereka mengutip uang dari pengerjaan proyek ini untuk keperluan desanya termasuk pembangunan mesjid,”terangnya.

Ia juga mengatakan tertangkap tangan terkait kasus pungli ini, berawal setelah adanya informasi dari pengawas lapangan proyek jembatan. Dimana setiap ada truk masuk membawa pasir harus menyetor.

“Setelah adanya informasi tersebut, pihaknya langsung menuju ke TKP untuk memastikan. Sesampai disana memang benar sedang terjadi aktivitas pengutipan uang oleh warga setempat itu, lalu kita lakukan tindakan penangkan dan kita bawa ke Polres untuk pengusutan lebih lanjut,”ungkap Kapolres.

Akibat perbuatan tersangka, mereka dijerat pasal 12 E dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun, undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang tindakan pidana korupsi perubahan atas undang-undang 31 tahun 1999.(putra)

Komentar

Loading...