Topdam IM Beri Materi Ilmu Medan Pada Acara Field Trip di Unsyiah

Aceh Portal

Banda Aceh, (Acehportal) - Topografi Kodam Iskandar Muda mengisi materi Ilmu Medan pada acara Field Trip Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Fakultas Teknik Jurusan Geofisika. Sesuai petunjuk dari Katopdam IM, Kolonel Ctp Drs. Soehardjito HS, M.Sc. Topdam memberikan dan mengisi materi mengenai Ilmu Medan yang meliputi pengenalan dan penggunaan Peta Topografi, Kompas, menghitung jarak di peta dengan di medan sebenarnya serta menentukan koordinat dengan berorientasi pada peta menggunakan Protaktor. Sabtu (8/4/ 2017).

Kegiatan Field Trip yang diadakan oleh Mahasiswa Unsyiah tersebut merupakan kegiatan tambahan yang ditujukan guna pengambilan contoh-contoh data geofisika yang terdapat di alam bebas seperti pegunungan dan di hutan. Oleh karena itu Mahasiswa Unsyiah tersebut sebelum melaksanakan kegiatan ini mengajukan permohonan guna mendapat pengetahuan mengenai Ilmu medan guna mendukung kegiatannya tersebut.

Acara yang dilaksanakan di Aula Gedung Laboratorium Fakultas Teknik Unsyiah dibuka oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik, Dr. Nasrullah RCL, ST, MT. Bapak Nasrullah menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas keluangan waktu yang diberikan oleh Topdam IM dalam mengisi materi Ilmu Medan ini.

Dengan diikuti sekitar 40 orang Mahasiswa acara ini berlangsung cukup antusias terhadap materi Ilmu Medan dikarenakan materi ini cukup berguna dalam cara bernavigasi di alam bebas (medan yang belum diketahui).Materi Ilmu Medan tersebut disampaikan oleh Lettu Ctp Jon Arifin Harahap beserta beberapa personel Topdam IM lainnya sebagai pembantu dalam kegiatan tersebut.

Wakil Dekan 3 Fak Teknik Unsyiah dan Ketua Himpunan Fak Teknik berharap kerjasama ini bisa menjadi suatu kerjasama yang bersifat rutin. Katopdam IM menegaskan kegiatan tersebut sangat positif dikarenakan berhubungan dengan tugas TNI AD mengenai Pembinaan Teritorial Terbatas.

Sebagai informasi, Topdam IM memiliki tugas pokok menyelenggarakan dan menyediakan informasi Topografi dalam bentuk Peta Topografi, Sistem Informasi Geospasial dan Bantuan Topografi lainnya yang salah satunya sebagai asistensi teknik Ilmu Medan.

Komentar

Loading...