Hadapi Bahasa Inggris di UN, Ini Tip Belajarnya

Ilustrasi UN online (Foto: Berita Jogja)

Jakarta (Acehportal.com) - Pada hari ketiga ujian nasional (UN) ini, siswa tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) akan menghadapi mata pelajaran bahasa Inggris. Meski pelajaran ini tak sesulit matematika, mereka harus tetap teliti dan cermat agar bisa mendapat nilai yang memuaskan.

Secara umum, soal bahasa Inggris terdiri atas bacaan, grammar, vocabulary, dan listening. Nah, berikut ini beberapa tips dalam memahami materi-materi yang diujikan.

1. Pahami tatabahasa (grammar)

Ada berbagai pola grammar yang harus dipahami. Nah, saatnya kamu membuka kembali catatan grammar yang sudah dipelajari dari kelas X sampai XII. Terapkan pola tersebut pada sebuah kalimat sehingga kamu paham bedanya.

2. Bedakan setiap jenis teks bacaan

Kamu akan disuguhkan berbagai jenis teks bacaan. Ada narratives text, expository texts, procedural texts, descriptive texts, dan masih banyak lagi. Ketahui ciri khas masing-masing teks dengan banyak membaca dan latihan soal.

3. Perbanyak vocabulary

Percuma kamu paham struktur bahasa Inggris kalau tak mengerti artinya. Apalagi, beberapa soal bahasa Inggris juga akan menguji pemahamanmu terhadap kata-kata yang serupa atau semakna.

4. Latihan mendengar menggunakan bahasa Inggris

Pada bagian listening atau tes mendengarkan siswa akan diberikan percakapan pendek (formal atau informal) dan monolog. Sedangkan pertanyaan yang diajukan umumnya terkait intisari dan informasi spesifik yang terdapat dalam percakapan. Meski tingkat kesulitannya cukup rendah, kamu harus tetap latihan. Siswa yang terbiasa dan familiar dengan bahasa Inggris cenderung merasa mudah menghadapi tes ini.

Sumber:Okezone
Rubrik:Pendidikan

Komentar

Loading...