Operasi di Yaman Berlanjut, Gaji Pilot Arab Saudi Naik 60 Persen

Ilustrasi (AFP)

Riyadh - Para pilot Angkatan Udara Arab Saudi mendapat kenaikan gaji hingga 60 persen. Kenaikan gaji ini diumumkan sesaat setelah operasi militer Saudi melawan kelompok Houthi di Yaman memasuki tahun ketiga.

Dilaporkan kantor berita Saudi Press Agency (SPA) seperti dilansir Press TV dan Reuters, Selasa (4/4/2017), kenaikan gaji ini diumumkan setelah kabinet Kerajaan Saudi mengamandemen aturan yang mengatur kenaikan gaji pokok.

Seluruh pilot Angkatan Bersenjata dan operator senjata akan menerima kenaikan gaji sebesar 35 persen. Sedangkan pilot yang menerbangkan jet tempur atau mengoperasikan sistem persenjataan akan menerima kenaikan gaji hingga 60 persen.

Tidak ada penjelasan lebih lanjut dari kabinet Saudi soal keputusan menaikkan gaji para pilot jet tempur ini. Tidak diketahui pasti besaran gaji para pilot Angkatan Udara Saudi itu saat ini.

Dalam beberapa bulan terakhir, Saudi yang merupakan negara pengekspor minyak terbesar di dunia ini, tengah memberlakukan langkah-langkah penghematan. Negara ini kesulitan ekonomi karena defisit anggaran yang nyaris mencapai US$ 100 miliar, yang disebabkan oleh penurunan drastis harga minyak serta naiknya pengeluaran militer.

Sejumlah besar pengeluaran itu diketahui dialirkan untuk operasi militer di Yaman yang dimulai sejak tahun 2015. Saudi bersama sekutunya negara-negara Teluk Arab telah melancarkan ribuan serangan udara untuk mengalahkan Houthi yang menguasai ibu kota Sanaa. Operasi itu bertujuan mengembalikan kekuasaan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Di sisi lain, menurut PBB, operasi itu telah menewaskan sedikitnya 10 ribu warga sipil. Berbagai kelompok HAM menyebut serangan udara koalisi pimpinan Saudi mengenai sejumlah lokasi sipil, seperti rumah sakit, sekolah, pasar, pabrik dan rumah-rumah warga. Namun koalisi membantah telah sengaja menargetkan warga sipil dan menuding Houthi memanfaatkan instalasi sipil untuk menyembunyikan senjata dan melancarkan serangan rudal.

Komentar

Loading...