MotoGP Argentina, Akan Ada Potensi Persaingan Sengit di Akhir Pekan Ini

(REUTERS/Darren Staples) I liputan6

Jakarta, (Acehportal.com) - Ada empat rider yang akan menjalani MotoGP Argentina akhir pekan ini dengan pengalaman naik podium teratas sirkuit Termas de Río Hondo, menjanjikan potensi sengitnya persaingan nanti.

Persaingan MotoGP 2017 akan berlanjut pada seri kedua yang dilangsungkan pada pekan ini, menyusul sengitnya balapan seri pembuka di Losail, Qatar.

Dari tiga musim penyelenggaraan MotoGP Argentina di Termas de Río Hondo sebelumnya, tim pabrikan Honda secara khusus punya catatan bagus.

Musim 2016 lalu ada aksi sapu bersih Marc Marquez musim (pole, fastest lap, dan kemenangan), yang juga dilengkapi keberadaan Dani Pedrosa di podium ketiga.

Aksi serupa dilakukan pada balapan 2014 lampau ketika Marquez meraih pole dan kemenangan, sementara Pedrosa mencatatkan fastest lap dan finis kedua dalam balapan.

Sementara pada 2015, Marquez mampu menyabet pole dan sempat memimpin balapan tapi kemudian terjatuh di putaran-putaran terakhir balapan. Sementara Pedrosa absen di Argentina -- salah satu dari tiga seri balapan saat itu.

Adalah Valentino Rossi yang naik podium teratas pada balapan kelas primer di Argentina pada tahun 2015 itu, yang juga dilengkapi rider pabrikan Yamaha tersebut dengan torehan fastest lap.

Selain Rossi dan Marquez, ada dua rider lain di grid kelas primer tahun ini yang juga punya pengalaman naik podium teratas di Termas de Río Hondo -- kendatipun belum di kelas primer.

Dua rider tersebut adalah Esteve "Tito" Rabat yang sedang menjalani musim kedua di MotoGP dan rookie Johann Zarco yang di seri pertama lalu mampu mencuri perhatian dengan memimpin dalam balapan debutnya di kelas primer.

Rabat meraih kemenangan di Argentina saat di kelas Moto2 pada 2014, usai mengawali balapan dari posisi terdepan. Setelah itu giliran Zarco yang menguasai podium teratas Argentina di Moto2 secara beruntun pada 2015 dan 2016.

Artinya, Marquez (MotoGP) dan Zarco (Moto2) merupakan rider dengan kemenangan terbanyak di sirkuit Termas de Río Hondo dalam balapan grand prix sejauh ini masing-masing dengan dua kemenangan.

Rookie-rookie lain di MotoGP --Sam Lowes, Jonas Folger, dan Alex Rins-- juga tercatat pernah punya hasil oke di Argentina; ketiganya pernah naik podium Termas de Río Hondo di Moto2. Selain itu Jack Miller, yang kini menjalani musim keduanya di kelas primer, pun mampu finis ketiga di sana pada Moto3 2014.

Hal tersebut, ditambah dengan gebrakan Zarco dan kemenangan Maverick Vinales di Losail, membuat balapan di Argentina akhir pekan ini potensial berjalan amat sengit.

Komentar

Loading...