Puluhan Pelajar SMA di Pidie Dibekali Ilmu Jurnalistik Dasar

Pelajar SMA sederajat ikut Workshop Jurnalistik Dasar

Sigli – Puluhan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat se-Kabupaten Pidie, mengikuti Workshop Dasar-dasar Jurnalistik dan Etika Fotografi, di aula SMAN 1 Sigli, Selasa (28/02).

Pelatihan itu diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Sigli, yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie dan Koran Harian Rakyat Aceh.

Workshop yang diikuti siswa SMA/SMK sederajat itu, digelar untuk memberikan dasar menulis karya jurnalistik dan etika fotografi gaya jurnalistik kepada kalangan pelajar.  Pemateri dalam acara tersebut, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Pidie Murthalamuddin dan fotographer sekaligus wartawan Harian Rakyat Aceh, Zian Mustaqin.

Ketua Pelaksana kegiatan, Fidal Ul Aqyar mengatakan,dalam kegiatan tersebut diundang sebanyak 35 siswa perwakilan sekolah tingkat menengah dan sederajat di Pidie. Tujuannya, agar mendidik siswa gemar menulis dan membaca serta mengetahui etika dalam pengambilan gambar, baik menggunakan smartphone dan kamera profesional yang lagi trend dikalangan remaja.

Ketua Umum HMI cabang Sigli, mengatakan workshop tersebut dinilai sangat penting di masa sekarang. Dimana media sosial dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan profesional oleh pelajar.

“Jangan sampai menulis status di media sosial yang tidak ada manfaat kepada orang lain, begitu juga foto yang sekiranya bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Dengan adanya ilmu tersebut, penulisan mereka diharapkan lebih terarah," ujar Zian Mustaqin. (aju)

Komentar

Loading...