Keren, Tampil Fashionable dengan Busana Muslim Syar’i

Foto: Tempo

Foto: Tempo

Jakarta - Tepat terlihat fashionable. Hal ini juga menuntut para desainernya semakin mengembangkan inovasi dan kreatitivitas pakaian muslim syar’i rancanganya.

Bagi desainer yang fokus pada pakaian muslim syar’i, Oki Setiana Dewi, ada beberapa tantangan yang dirasakannya ketika mendesain pakaian muslim jenis ini.

“Tantangannya bagaimana membuat baju syar’i tidak terlihat menumpuk, karena rata-rata perempuan gak ingin terlihat gemuk,” ujarnya saat peresmian Syar’I Community Indonesia (SCI) di Jakarta Rabu (22/02).

Pakaian muslim syar’i sejatinya tidak tipis, ketat, dan tidak mencolok. Untuk mensiasatinya, Oki menggunakan bahan cerutti dan chiffon yang ringan dan nyaman serta dapat digunakan dalam segala kesempatan.

Kedua bahan tersebut sangat ringan sehingga tidak ketat dan membuat tubuh terlihat besar, serta tidak panas sehingga sangat nyaman digunakan. Bahan jenis ini juga digemari desainer pakaian muslim syar’i.

Selain itu, untuk kerudung dibuat menutupi dada dan perut, bahkan ada juga yang menutupi bagian belakang sampai betis. “Ada beberapa desainer yang tidak fokus detail baju pada bagian dada, karena tertutup kerudung, jadi fokus pada detail kerudung,” ujar ibu dua anak ini.

Kerudung dengan bahan cerutti atau sifon juga tidak mudah kusut. Jika ingin menambah kesan mewah tinggal menambahkan aplikasi payet, Swarovski, bordir, atau renda. Sementara untuk pemilihan warna, yang paling banyak digemari pemakai pakaian muslim syar’I adalah warna-warna pastel yang lembut.

Oki sendiri tidak khawatir kehilangan ide mendesain pakaian muslim syar’I, karena tren pakaian muslim ini sepanjang masa. Pakaian syar’I menjadi bagian dari setiap wanita muslim yang mengalami berhijrah untuk meningkatkan kualitas keimanannya. “Selain itu bergabung dengan komunitas seperti SCI bisa saling tukar pendapat, banyak masukan, juga semakin peka dengan lingkungan,” ujar pemilik label OSD Bridal. (tempo)

Komentar

Loading...