Kejati Tetapkan Mantan Sekda Aceh Sebagai Tersangka Korupsi Rp 22,3 M

Kejati Aceh Raja @Acehportal.com

Kajati Aceh Raja Nafrizal @Acehportal.com

Banda Aceh -- Penyidik Kejati Aceh secara resmi menetapkan Mantan Sekda Aceh Husni Bahri Tob sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyimpangan pada pengelolaan keuangan daerah Provinsi Aceh tahun anggaran 2010 yang mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp. 22,3 M lebih.

Kajati Aceh melalui Kasipenkum Amir Hamzah, Kamis (23/2) mengatakan, berdasarkan hasil ekspos tim jaksa penyidik dengan pimpinan Kejati Aceh dari hasil ekspos tersebut ditemukan bukti awal yang diduga cukup kuat untuk menetapkan  Mantan Sekda Aceh pada tahun 2010 sebagai tersangka.

Dimana dalam pengelolaan keuangan dana bagi hasil migas pada tahun 2010 tersebut, saat itu tersangka menjabat sebagai Sekda, dan dari hasil temuan  tim jaksa penyidik peran daripada tersangka pada waktu itu ikut menandatangani enam kali pencairan cek uang tidak melalui proses atau mekanisme seperti yang diatur dalam perundang-undangan.

"Cek tersbut ditanda-tangani tersangka dengan maksud untuk membayar pajak, namun kenyataannya dana yang dicairkan itu tidak dibayarkan, akibat dari perbuatan tersangka, negara dirugikan sebesar Rp. 4,23 miliar," terang Amir.  (gun)

Komentar

Loading...