Pangdam IM: Menegakkan Hukum Tidaklah Mudah, Harus Dimulai dari Diri Sendiri

pangdam iskandar muda

pangdam iskandar muda

Banda Aceh -- Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman dalam pengarahannya didepan para prajurit Pomdam IM  menegaskan bahwa satuan Pomdam memegang peranan penting dalam upaya menegakkan hukum dan disiplin prajurit di seluruh jajaran Kodam IM. Namun, hal tersebut tentunya tidak mudah, karena seorang prajurit Pom harus dapat menerapkan sikap disiplin terhadap dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum menegakkan disiplin kepada orang lain.

“Untuk menegakkan hukum tidaklah mudah, karena kamu harus menegakkan hukum pada diri sendiri terlebih dahulu,” ucap Pangdam.

Atas dasar itulah, Pangdam  berharap agar para prajurit Pomdam Iskandar Muda dapat membantu tugas-tugas Kodam dalam upaya menegakkan hukum bagi seluruh prajurit Kodam Iskandar Muda. Caranya yaitu dengan meningkatkan profesionalisme dan disiplin yang dimulai dari diri sendiri.

” Sesuai apa yang dikatakan panglima TNI yaitu, bagaimana mungkin TNI akan disiplin dan profesional jika penegak hukumnya tidak disiplin dan tidak profesional.Tidak mungkin kita dapat menegakan disiplin dan profesional kalau aparatnya sendiri tidak disiplin dan profesional,” tutur Pangdam.

Selanjutnya Pangdam mengingatkan bahwa suatu kejahatan dapat terjadi apabila adanya niat yang bertemu dengan peluang. Dan salah satu yang dapat dilakukan oleh Pom untuk menekan pelanggaran yang terjadi yaitu dengan melakukan pengawasan agar peluang untuk berbuat kejahatan itu tidak pernah datang.

“Kejahatan bisa terjadi karena bertemunya niat dan peluang. Paling tidak kita bisa menghilangkan peluang itu dengan melakukan pengawasan,” tutup Pangdam. (**)

Komentar

Loading...