Kapolres Pidie Adu Mulut dengan Saksi Sarjani Abdullah-M Iriawan di Rapat Pleno

Foto: Acehportal

Foto: Acehportal

Sigli –  Saksi pasangan calon (paslon) bupati Pidie nomor urut 3 Sarjani Abdullah-M Iriawan, Firdaus, sempat meminta Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat untuk menghentikan rapat pleno rekapitulasi suara, karena dinilai cacat hukum, dengan banyak terjadi kejanggalan dan kecurangan di  tempat pemungutan suara (TPS)‎.

Akibatnya, Firdaus sempat terlibat adu mulut dengan Kapolres Pidie, M Ali Kadhafi SIK, saat berlangsungnya rapat terbuka pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara ‎di Grand Blang Asan Sigli, Rabu (22/02) itu.

Menurut Firdaus, pada saat Pilkada serentak beberapa waktu lalu, banyak terjadi kejanggalan dan kecurangan di TPS‎. Apalagi, adanya oknum petugas kepolisian yang melakukan intimidasi kepada saksi nomor urut 3.

"Pimpinan sidang, kami minta pleno dihentikan sementara waktu sebelum Panwas menindak kecurangan di lapangan," Sebut Firdaus sambil berdiri.

Kapolres Pidie, AKBP M Ali Kadhafi, yang duduk di depan langsung berdiri sembari meminta maaf kepada komisioner KIP yang memimpin rapat pleno.

Ali Kadhafi mengatakan, semua itu dugaan pelanggaran dalam pilkada adanya prosedurnya untuk dilaporkan kepada Panwas.

"Biarkan Panwas menjalankan tugas dengan pembuktiannya, bukan menghentikan kegiatan pleno yang sedang berjalan," sebut M Ali.

Namun, Firdaus tidak menerima penjelasan Kapolres tersebut.  "Penyelenggara pemilu itu KIP dan Panwas, bukan Kapolres Pidie. Saya hanya menyampaikan hak politik saya," ujar Firdaus.

Kemudian, Ali Kadhafi juga menegaskan, dirinya adalah pihak keamanan dan bertanggungjawab terhadap keamanan Pilkada. Ia meminta para saksi untuk mengikuti prosedur.

"Polisi dalam Pilkada ini tetap netral, tapi tidak dalam masalah keamanan. Apabila ada yang membuat kerusuhan akan kita tindak tegas dan sesuai dengan hukum yang berlaku," sebut Kapolres.

Hasil pantauan acehportal, saat pleno sedang berlangsung sempat memanas beberapa saat, kemudian normal kembali. (aju)

Komentar

Loading...