Hingga Kamis, 5 Pesawat Ini Latihan Gunakan Rudal Maverick di Aceh

Foto: Acehportal

Foto: Acehportal

Banda Aceh - Lima unit pesawat tempur Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Roesmin Noerjadin Pekan Baru, Senin (20/02) mulai melakukan latihan penembakan rudal kendali dari udara ke darat di Aceh.

Latihan yang dipusatkan di Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar itu, dilakukan supaya para penerbang (pilot) mengetahui cara pengoperasian rudal maverick. Latihan tersebut direncanakan akan berlangsung  hingga Kamis, 24 Februari 2017.

Danskadron Udara 12 Letkol Pnb Dedy Suprianto mengatakan, rangkaian latihan tersebut dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan rudal  maverick saat penembakan dari udara ke darat.

“Ini merupakan latihan penembakan dari udara ke darat dengan menggunakan rudal kendali. Dimana setiap penerbang Hawk 100/200 harus mampu mengoperasikan dan melaksanakan kegiatan penembakan tersebut,” kata Dedy kepada wartawan sebelum melakukan penerbangan.

Rudal maverick itu, jelasnya, digunakan untuk penembakan dari udara ke darat. Dengan sasaran tembaknya berupa sebuah tank, kapal, atau  target strategis-strategis lainnya.

“Kalau untuk patroli udara kita melaksanakan operasi dengan misi yang berbeda. Perlu tidaknya penembakan itu, tergantung perintah atasan,” ungkapnya.

Sementara kegiatan tersebut, tambahnya, para penerbang akan melakukan latihan dengan jarak lebih kurang 15 mil dari Lanud SIM, yakni di area east (timur) dan west (barat), dengan ketinggian 6 ribu kaki kebawah.

“Kegiatan ini, untuk maverick sendiri kita laksanakan, kalau lancar hingga hari Kamis ini,” pungkasnya. (adi)

Rubrik:News

Komentar

Loading...