KIP Abdya Lengang Pasca Pemberhentian Komisioner

Foto: analisadaily

Foto: analisadaily

Blangpidie -  Pasca pemberhentian sementara seluruh komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) beberapa waktu lalu, suasana Kantor Sekretariat KIP se­tempat  terlihat le­ngang.

Meskipun demikian, segala tahapan pelaksanaan Pilkada di Abdya akan terus berjalan di bawah kendali KIP Aceh. Selain itu, sejumlah aparat keamanan ju­ga terlihat berjaga di seputaran Kantor KIP setempat.

Sekretaris KIP Abdya Helmi Suherdi kepada wartawan, Se­nin (23/1) mengatakan, meski dalam suasana dengan aktivitas yang terlihat santai namun segala tehapan akan terus berjalan sesuai dengan petunjuk dari KIP Aceh selaku penyelenggara Pilkada di Abdya. Sejauh ini, pihak­nya belum mengalami ken­dala apa pun dalam proses penyelenggaraan pesta de­mokrasi yang tidak lama lagi akan digelar.

Seperti jadwal kampanye terbuka yang akan diikuti masing-masing kandidat akan berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapakn sebelumnya, yaitu mulai tanggal 30 Januari-9 Fe­bruari. Setelah itu, akan memasuki masa tenang dan penertiban alat peraga kampanye (APK) para pasangan calon (Paslon).

Untuk jadwal kegiatan debat kandidat tahap dua akan ada pe­rubahan waktu. Sebelumnya, ditetapkan pada 26 Januari 2017 dan untuk tahap dua belum dipastikan kapan dilaksanakan. Dipastikan, proses pencetakan surat suara sudah selesai dengan jumlah 106.896 lembar. Surat suara tersebut sedang di­kirim ke Abdya. (Analisadaily)