Tak Penuhi Syarat Pencalonan, Sepasang Calon Bupati Abdya Dicoret

Ilustrasi Pilkada. ©2015 Merdeka.com
Banda Aceh - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mencoret Said Syamsul Bahri dan M Nafis dari pencalonan bupati dan wakil bupati Aceh Barat Daya karena pasangan itu tidak memenuhi persyaratan.
Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Ridwan Hadi mengatakan, pasangan tersebut tidak bisa ikut pilkada karena persyaratan pencalonannya tidak memenuhi syarat.
"Kami diperintahkan oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU RI untuk mengoreksi syarat pencalonan Said Syamsul Bahri dan M Nafis," kata Ridwan Hadi di Banda Aceh, Senin (23/01).
Pasangan ini tidak memenuhi syarat karena dukungan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) bukan dari kepengurusan yang berdasarkan SK Kemenkumham, katanya.
Syarat minimal pencalonan bupati Aceh Barat Daya adalah empat kursi legislatif. Pasangan Said Syamsul Bahri dan M Nafis didukung PAN dengan tiga kursi dan PKPI satu kursi.
Dengan dikoreksinya syarat dukungan, pasangan ini hanya didukung tiga kursi DPRK Aceh Barat Daya.
"Seharusnya, surat dukungan ditandatangani oleh ketua dan sekretaris partai yang berdasarkan SK Kemenkumhan. Tapi, pasangan ini tidak, sehingga pencalonan mereka dikoreksi," kata dia.
Terkait surat suara yang sudah dicetak, Ridwan Hadi mengatakan, KIP akan mencetak surat suara baru tanpa ada kotak nomor empat yang sebelumnya milik Said Syamsul Bahri dan M Nafis.
"Pencetakan suara baru akan dilakukan setelah kami melihat ketersediaan anggarannya. Masalah ini sudah saya jelaskan pada konferensi pers sebelumnya," kata Ridwan Hadi. (Antara Aceh)