Kapal Imigran Ilegal Asal Indonesia Tenggelam di Malaysia, 9 Orang Ditemukan Tewas

Kapal migran asal Libya terbalik di laut Mediterania (Foto: MARINA MILITARE/AFP PHOTO)

Kuala Lumpur - Sedikitnya 9 orang tewas tenggelam dalam insiden kapal tenggelam di pantai timur Malaysia. Kapal itu diyakini membawa imigran ilegal, yang kebanyakan warga negara Indonesia (WNI).

Dilaporkan Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA), seperti dilansir AFP, Senin (23/1), jasad 6 wanita dan 3 pria ditemukan tersapu ombak di pantai dekat kota Mersing. Tidak dijelaskan lebih lanjut kewarganegaraan dan identitas korban tewas yang telah ditemukan.

Beberapa orang lainnya dilaporkan masih hilang dalam insiden ini. "Kami meyakini ada sekitar 40 warga Indonesia di dalam kapal itu dan kami meyakini mereka merupakan imigran ilegal," terang juru bicara MMEA.

Disebutkan bahwa kapal itu sedang berlayar dari wilayah Indonesia menuju Malaysia, ketika tenggelam. Otoritas setempat masih melakukan pencarian terhadap korban hilang.

Penyebab tenggelamnya kapal itu belum diketahui pasti. Otoritas Malaysia tidak banyak memberikan informasi terkait insiden ini.

Namun insiden semacam ini tergolong sering terjadi. Pada November 2016 lalu, sebuah kapal cepat yang diyakini membawa imigran ilegal asal Indonesia tenggelam di dekat Batam. Kapal itu berlayar dari wilayah Malaysia ke Indonesia. Lebih dari 40 orang hilang dalam insiden tragis itu. (detikcom)