Korsleting Listrik, Diduga Penyebab Kebakaran Pasar Senen

Kebakaran di Haifa IsraelAP/Ariel Schalit I republika

Ilustrasi kebakaran lAP

Jakarta - Bangunan kios Pasar Senen Blok D, Jakarta Pusat, terbakar pagi tadi, sekitar pukul 04.15 WIB. Kebakaran tersebut melalap tiga lantai. Total 42 unit pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian, yang terdiri dari 30 unit pemadam kebakaran dari Suku Dinas Jakarta Pusat dan 12 sisanya unit bantuan.

“Penyebab kebakaran belum diketahui pasti, diduga korsleting listrik,” ujar Operator Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Abdullah, saat dihubungi Tempo, Kamis, 19 Januari 2017.

Abdullah menuturkan kebakaran pertama kali terdeteksi dari asap yang tampak mengepul dari lantai tiga bangunan kios. “Tapi ternyata begitu didobrak awal mula titik api ada di lantai dasar,” katanya. Hingga berita ini ditulis petugas pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api.

Menurut Abdullah proses pemadaman tidak mudah, karena terkendala oleh koridor bangunan yang sempit, serta masih banyak kios yang terkunci. “Karena pagi sekali pasar masih tertutup, dan harus dibuka dengan paksa.” Belum ada informasi korban jiwa ataupun kerugian material akibat peristiwa ini.

Sementara itu, arus lalu lintas di sekitar lokasi kebakaran juga dilaporkan tersendat. Hal itu disebabkan oleh proses pemadaman yang masih berlangsung, serta masyarakat yang berkerumun di lokasi kebakaran.

Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya pun mengimbau para pengendara untuk mengindari area Pasar Senen, agar tidak terjebak kemacetan. “Hindari arah Senen karena kebakaran dahsyat sejak subuh,” tulis TMC Polda Metro Jaya, di akun resmi Twitter miliknya, @TMCPoldaMetro, pagi ini. (tempo.co)