Ciptakan Inovasi, Mahasiswa 19 Tahun Ini Masuk Daftar Forbes

Foto: CTV news

Foto: CTV news

Kanada - Seorang mahasiswa berusia 19 tahun, Ann Makosinski mendapat prestasi membanggakan, yakni masuk dalam daftar 'Forbes 30 Under 30'. Pencapaian tersebut diraih setelah dia menciptakan dua inovasi unik, yakni senter yang memanfaatkan panas tubuh manusia dan mug yang bisa digunakan untuk mengisi daya ponsel atau pemutar musik.

Mahasiswa tingkat dua di University of British Columbia itu menceritakan, sebenarnya penghargaan ini bukan kali pertama. Namun, masuk dalam daftar Forbes menjadi hal yang sangat mengesankan.

"Ini menjadi pencapaian yang bagus untukku. Aku senang bisa meraihnya," ucapnya dikutip dari CTV News, Kamis (19/1).

Makosinski meraih penghargaan kategori energi. Pertama, yakni inovasi yang diberi nama The Hollow Flashlight. Senter berenergi panas manusia ini berkat terinspirasi dari salah satu temannya di Filipina yang tinggal di sekolah semalaman untuk belajar. Dengan senter ini, pengguna hanya perlu memegang di bagian yang sudah ditentukan, dan lampu senter akan menyala.

Tak cukup sampai di situ, Makosinski kembali membuat inovasi mug yang bisa digunakan untuk mengisi daya ponsel atau pemutar musik. Mug bernama e-Drink ini menggunakan generator thermoelectrik untuk menyimpan kelebihan panas dari kopi yang dituangkan. Panas tersebut yang kemudian dimanfaatkan untuk mengisi daya.

Saat ini dua inovasi tersebut masih berupa prototype. Namun, Makosinski sedang dalam rencana untuk melisensi senter buatannya.

"Aku memang tertarik dengan penemuan di bidang energi karena saat ini sedang terjadi pemanasan global. Alangkah baiknya jika kita memproduksi energi untuk listrik. Dan semoga temuanku bisa menginspirasi orang lain," pungkasnya. (okezone)