Dinas Pendidikan Pidie Terima Penghargaan dari USAID

Kadis Pendidikan Pidie terima penghargaan USAID

Kadis Pendidikan Pidie terima penghargaan USAID/raju

Sigli -- Jajaran dinas pendidikan Pidie di tahun 2017 ini kembali menerima penghargaan. Penghargaan awal tahun ini diberikan oleh salah satu lembaga donor pemerintah Amerika Serikat USAID melalui proogram bantuan pendidikan tersebut yang didanai USAID dengan mitra Indonesia Prioritas.

Penghargaan dari USAID Prioritas ini diserahkan di kantor USAID Prioritas Aceh, Jumat (13/1/2017) lalu kepada Kadis Pendidikan Pidie, Murthalamuddin. Penghargaan yang ditandatangani oleh direktur program USAID Prioritas Stuart Weston dan langsung diserahkan oleh Kordinator USAID Prioritas Aceh Ridwan Ibrahim.

Ridwan mengatakan, penghargaan tersebut diberikan sebagai penghargaan atas antusiasme guru guru Pidie mengikuti program diseminasi USAID Prioritas. Diseminasi tersebut berupa program pelatihan peningkatan kapasitas guru untuk PAKEM (Pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan).

Dalam program diseminasi ini, sebutnya, USAID Prioritas hanya menyediakan tutor atau bisa disebut Fasda (Fasilitator daerah). Sedangkan biaya lainnya seperti makan minum, alat praktek dan biaya transportasi sepenuh ditanggung peserta. “Pidie paling aktif di program ini, dalam tahun 2016 yang lalu lebih kurang 3500 guru telah mengikuti kegiatan ini,” ungkap kordinator Aceh USAID Prioritas, Ridwan Ibrahim, Senin (16/1/2017).

Dosen FKIP Unsyiah ini juga mengaku salut terhadap antusiasme guru di pidie. “Mereka membiayai diri mereka secara mandiri, oleh karena itu kami hanya membayar fasilitator, ini patut menjadi contoh bagi guru lain di Aceh bahkan di Indonesia,” kata Ridwan.

Kabid Dikdas Disdik Pidie Ruslan SPd juga mengaku program diseminasi tersebut sangat bermanfaat untuk menunjang kreativitas para guru. “Yang lebih penting bukan soal penghargaan, tetapi program Pakem yang bisa dikembangkan USAID Prioritas Aceh amat bermanfaat mengubah perilaku mengajar guru-guru kami, dari cara klasikal kepada cara yang lebih baik, “jelas Ruslan seraya berterimakasih kepada guru di Pidie yang sudah bersusah-payah mengembangkan diri dengan biaya sendiri.

“Ini bukti guru kita Pidie sadar pentingnya terus belajar agar proses belajar mengajar lebih efektif dan sesuai dengan perkembangan zaman,” tambah mantan Ka UPTD Pendidikan Indra Jaya.

Kadis Pendidikan Pidie Murthalamuddin mengaku surprise dan bangga terharu ketika dihubungi pihak USAID untuk mengambil sertifikat penghargaan ini.

“Terima kasih Usaid Prioritas atas perhatiannya dan upayanya untuk meningkatkan mutu pendidikan Pidie, penghargaan setinggi tingginya kepada guru dan Kepsek atas upaya dan pengorbanan mereka sehingga Pidie kembali mendapat penghargaan,” jelas Murthala.

Ia menambahkan bahwa sepanjang 2016 yang lalu pemerintah Pidie juga mendapatkan beberapa penghargaan atas prestasi pendidikan seperti Kawastara prawita, SaMA Award, sekolah Adiwiyata Nasional dan Penghargaan USAid Prioritas. Ini melengkapi capaian indeks Integritas UN Pidie yang lebih tinggi dari rata-rata Indeks nilai Nasional. (aju)