Ajang Silaturrahmi, Aikidoka Aceh Gelar Gashuku 

Ist.

Ist.

Banda Aceh - Aikidoka Aceh melaksanakan kegiatan latihan gabungan atau Gashuku, di lapangan volley Indoor Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh. Dalam kegiatan yang ditutup dengan ujian Yudhansa itu berlangsung dua hari, yakni Jumat-Sabtu (13-14 Januari 2017).

Ketua Panitia, Yanti Koto mengatakan, praktisi Aikido yang mengikuti Gashuku tersebut berasal dari beberapa Dojo di Aceh, diantaranya Puleh Dojo Lambhuk, Dojo Iskandar Muda dan Keinse Dojo Bireuen.

“Kegiatan latihan gabungan ini, dilaksanakan sebagai ajang silahturahmi dengan tim pengurus Pusat Institut Aikido Indonesia (IAI). Merupakan induk dari dojo Aikido yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Selain Gashuku, juga dilaksanakan ujian Yudhansa atau atau ujian DAN yang pertama kali di Aceh dengan penguji Sensei Gana Murti sebagai perwakilan resmi dari Aikikai Hombu di Jepang untuk Indonesia.

Sensei Gana Murti, pendiri IAI menyampaikan kegembiraannya dan menyambut positif ujian DAN yang dilaksanakan di Aceh dan akan diikuti oleh daerah lainnya.

Selaku pendiri Institut  Aikido Indonesia, melihat penguasaan seni olahraga Aikido di Aceh sudah bagus.  Karena bisa dilihat dari seluruh peserta  berhasil dalam ujian Yudhansa.

Sensei Gana Murti yang didampingi dua orang pelatih Aikido Paspampres, berharap warga Aceh semakin mengenal olahraga ini sebagai seni beladiri yang harmonis dan damai.

Aikido, merupakan salah satu seni beladiri Jepang yang didirikan oleh Morihei Ushiba. Kemudian dipopulerkan oleh bintang film hollywood Steven Siegel. Seni gerakan Aikido fokus pada keseimbangan dan pertahanan diri dengan teknik menghidar dan meredam serangan. (adi)