Kejati Tahan Kadis Pengairan Aceh Besar dan 10 Tersangka Lainnya

foto Aceh Portal-pemeriksaan 11 pejabat Aceh Besar dan rekanan di Kejati Aceh

foto Aceh Portal-pemeriksaan 11 pejabat Aceh Besar dan rekanan di Kejati Aceh

Banda Aceh -- Penyidik Kejati Aceh melakukan penahanan terhadap Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Aceh Besar inisial Aw selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan juga selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) bersama 10 orang lainnya.

Penahanan dilakukan setelah pelimpahan berkas dan tersangka oleh penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Aceh kepada penyidik Kejati Aceh pada Rabu (11/01/2017).

11 tersangka ditahan karena diduga terlibat melakukan korupsi atas pekerjaan Perkuatan Tebing Sungai Krueng Aceh Gampong Lampaseh Krueng Kec. Montasik Kab. Aceh Besar dengan pagu anggaran Dana Otsus Aceh tahun 2013 sebesar Rp.3.750.000,000 miliar, yang mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp. 1,5 miliar bersumber dari dana Otsus 2013.

Kasipenkum Kejati Aceh Amir Hamzah mengatakan, ada 11 tersangka yang ditahan diantaranya Kadis Pengairan Aceh Besar Aw, Pelaksana Pekerjaan di Lapangan NZ, lalu Mi selaku PPTK dan Tim Provisional Hand Over (PHO) diantaranya Ha, Tr, Mr, Za, dan RH. Serta Tim Pengawas Lapangan diantaranya Si, RL, IM dan Yu.

Temuan penyidik atas proyek tersebut diantaranya, ditemukan adanya volume pasangan bronjong yang tidak dikerjakan oleh kontraktor di lapangan. Selain itu juga ditemukan adanya pemasangan kawat beronjong yang tidak sesuai dengan spesifikasi pada kontrak sehingga terjadi kelebihan pembayaran dan kekurangan lainnya. (gun)

Rubrik:News